TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Lakukan 6 Hal Ini saat Disakiti Orang Lain, Jauhi Emosi Sesaat

Memaafkan mungkin bisa, tapi lupa perbuatannya itu sulit

ilustrasi menahan marah (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sakit hati ketika ada orang yang menyakitimu adalah hal yang wajar. Ingin rasanya menyerang atau membalas perbuatannya, hal itu bisa dimengerti. Tapi, apakah kamu akan senang kalau kamu juga melakukan hal yang sama seperti dia? 

Memang betul manusia tidak ada yang sempurna, tapi tak lantas membalas orang lain dengan kemarahan jadi hal yang dibenarkan, lho. Yuk, tenangkan hati dan pikiranmu. Selesaikan dengan kepala dingin dan lakukan beberapa cara ini saat dirimu disakiti.

1. Tarik dan hembuskan nafas

ilustrasi bernapas (pexels.com/Alexandr Podvalny)

Hal pertama yang kamu lakukan saat seseorang menyakitimu adalah bernapas. Usahakan untuk meredakan kemarahan ketika menarik dan mengembuskan napas.

Kalau kamu segera bereaksi, takutnya ada perkataan yang nantinya kamu sesali. Selain itu, di saat tenang inilah kamu bisa berpikir lebih jernih dan tidak gegabah. 

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Mampu Jadi Pemberi Nasihat yang Bijak, Apapun Masalahnya

2. Bicaralah dengan orang lain tentang permasalahan ini

ilustrasi curhat (unsplash.com/Christin Hume)

Bicaralah dengan teman atau anggota keluarga yang bisa dipercaya tentang apa yang sedang kamu rasakan dan apa permasalahan yang sedang terjadi. Mungkin saja mereka bisa memberikan perspektif lain tentang kondisi ini. 

Tapi jangan marah kalau ternyata mereka tidak memihak kita. Karena bisa saja, pendapat mereka itu bermanfaat untuk kebaikanmu dalam jangka panjang, lho. Jadi, tetap gunakan kepala dingin, ya. 

3. Bicaralah dengan orang yang menyakiti hatimu

ilustrasi menangis bersama (unsplash.com/Ben White)

Ada yang bilang, bertemu dengan orang yang menyakiti hatimu adalah cara terampuh untuk berdamai dengan diri sendiri. Lakukan hal ini ketika kepala dan hatimu sudah dingin. 

Bicaralah pada orang tersebut bagaimana perasaanmu sesungguhnya. Apakah marah, sedih, atau kecewa ungkapkanlah semuanya.

Biarkan orang itu berpikir bagaimana cara menebus kesalahannya padamu. Tapi kalau ternyata tidak menyadari kesalahannya, setidaknya kamu sudah lega mengeluarkan semua uneg-unegmu. 

Baca Juga: 8 Alternatif Self Healing Murah Meriah, Wajib Coba!

4. Tanyakan pada dirimu, 'apakah layak kamu menyimpan sakit hati ini? '

Ilustrasi eisoptrophobia (pexels.com/Ivan Oboleninov)

Penting untuk menjaga komunikasi terbuka dengan orang yang menyakitimu. Meski menjengkelkan, menanyakan penyebab dia menyakitimu bisa membuatmu yakin untukp mengambil langkah selanjutnya.

Ketika pikiran dan hati sudah dingin, coba tanyakan baik-baik penyebabnya. Bisa saja permasalahan terjadi karena salah paham. Namun, ada juga kemungkinan tabiatnya yang menyebalkan. Kalau sudah begini, tanyalah pada dirimu sendiri, pilih tetap berteman atau jaga jarak? 

5. Apakah kamu masih bisa mempercayainya?

ilustrasi tidak percaya (unsplash.com/Obie Fernandez)

Ada banyak cara untuk menyakiti hatimu, tapi hanya ada satu hal pasti yang kamu lihat darinya, yakni kepercayaan yang telah rusak. Memaafkan mungkin bisa kamu lakukan, tapi melupakan perbuatannya tentu hal yang sangat sulit. 

Dalam hal ini, beri tahu padanya kalau kepercayaanmu padanya miliki sudah rusak dan untuk mendapatkannya kembali, bukanlah sesuatu yang mudah. Kalau sudah begini, kamu hanya bisa membiarkan waktu yang menjawab dan usaha apa yang dia lakukan untuk mendapatkan kepercayaanmu kembali. 

Baca Juga: 7 Aktivitas yang Membuat Waktu Luangmu Lebih Bermakna

Verified Writer

IamLathiva

Love To See, Love To Read, and Love To Share.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya