Comscore Tracker

7 Aktivitas yang Membuat Waktu Luangmu Lebih Bermakna

Jangan sia-siakan waktu luangmu begitu saja

Kamu mungkin beranggapan waktu luang yang dimiliki tak berharga. Padahal, waktu yang terbatas justru jauh lebih berharga dibanding uang. Jika momen tersebut bila kita manfaatkan dengan baik, bukan tak mungkin akan mendatangkan kebaikan dan peluang baru untuk kita.

Buat kamu yang kerap bingung ingin mengisi waktu luang dengan kegiatan apa, barangkali sederet ide berikut ini cukup membantu memberikan pencerahan buat kamu. Tanpa berlama-lama lagi langsung simak saja, yuk ide-idenya!

Baca Juga: 8 Alternatif Self Healing Murah Meriah, Wajib Coba!

1. Menghabiskan waktu bersama keluarga 

7 Aktivitas yang Membuat Waktu Luangmu Lebih Bermaknailustrasi makan malam bersama keluarga. (Pexels.com/Nicole Michalou)

Sering kali kita terlalu sibuk dengan dunia kita sendiri. Padahal ada sosok mereka yang selalu memberikan dukungan serta doa tanpa henti dan membersamai kita hingga di posisi seperti saat ini. Cobalah gunakan waktu luangmu untuk menghabiskan waktu bersama mereka.

Tak harus berpergian ke luar kota, bercengkerama dengan keluarga juga bisa. Bila mereka ada di lokasi yang cukup jauh, sempatkan diri untuk bersua melalui telepon atau video call. Karena saat mereka tiada momen seperti inilah yang akan kita rindukan. Selagi masih ada, yuk rekatkan lagi kedekatan kamu dengan keluarga.

2. Olahraga 

7 Aktivitas yang Membuat Waktu Luangmu Lebih Bermaknailustrasi workout. (Pexels.com/Elina Fairytale)

Mungkin kamu sampai bosan mendengarnya tapi memang begitulah faktanya bahwa mengonsumsi makanan sehat juga tetap harus diimbangi dengan berolahraga. Kebanyakan dari kita justru mencoba mengonsumsi makanan yang sehat saja tapi mengabaikan olahraga. Sesibuk apapun kita usahakan untuk tetap berolahraga, ya.

Entah hanya workout sederhana, bersepeda, jogging, atau bahkan berjalan kaki sekalipun. Jika ada waktu luang jangan hanya dihabiskan untuk rebahan coba, deh mulai juga untuk berolahraga.

3. Membaca buku 

7 Aktivitas yang Membuat Waktu Luangmu Lebih BermaknaIlustrasi seorang wanita sedang membaca buku (Pexels.com/Streetwindy)

Apapun genre buku yang kamu baca pasti akan selalu ada pembelajaran atau informasi baru yang akan kamu temukan di dalamnya. Oleh sebab itu, di waktu luang, cobalah manfaatkan untuk membaca sebuah buku. Tak harus sekali waktu selesai, kok.

Kamu bisa melanjutkan lagi bila kamu memiliki waktu luang yang lain. Hal ini bisa kamu lakukan dalam upaya mencegah penyakit kepikunan juga, lho. Pilihan bentuk buku zaman sekarang juga beragam tak harus buku fisik, buku non fisik juga bisa jadi alternatif.

Baca Juga: 5 Trik Baca Buku tanpa Menghabiskan Banyak Waktu dari Tokoh Sukses

4. Membangun bisnis sampingan 

7 Aktivitas yang Membuat Waktu Luangmu Lebih Bermaknailustrasi seorang wanita sedang memotret mug. (Pexels.com/RODNAE Productions)

Membangun bisnis sampingan di waktu luang? Kenapa tidak? Justru berawal dari sini pula bisa jadi pundi-pundi uangmu akan terkumpul. Sudah bukan rahasia umum lagi, ya salah satu cara agar cepat ‘kaya’ adalah dengan memiliki passive income yang berasal dari bisnis sampingan.

Wujudnya bisa beragam hal ini tentu bisa kamu sesuaikan dengan minat atau bakat kamu. Di zaman yang serba canggih seperti sekarang semuanya bisa dijadikan uang, kok.

Namun, tetap ingat bahwa semua perlu perjuangan, tekad, dan usaha yang keras untuk mencapai kesuksesan. Jangan anggap dengan memiliki bisnis sampingan kamu langsung jadi orang yang kaya raya, ya.

5. Melakukan me time 

7 Aktivitas yang Membuat Waktu Luangmu Lebih Bermaknailustrasi seorang wanita sedang memakai masker. (Pexels.com/Ivan Samkov)

Guna meminimalisir stres kamu bisa coba untuk melakukan me time. Me time bisa punya definisi yang berbeda bagi setiap orang. Ada yang merasa me time berarti rebahan sambil scroll media sosial, shopping, pergi ke salon, memasak, melukis, bermain game dan sebagainya. Hanya kamu sendiri, deh yang tahu apa me time yang paling tepat untuk mengalihkan sejenak pikiranmu dari peliknya kehidupan.

Selain mendistraksi stres, memanfaatkan waktu luang dengan me time juga berguna untuk menyegarkan kembali pikiranmu. Bukan tidak mungkin, usai me time kamu jadi menemukan ide-ide segar yang berguna bagi karier atau akademis kamu.

6. Mempelajari skill baru 

7 Aktivitas yang Membuat Waktu Luangmu Lebih Bermaknailustrasi seorang perempuan sedang melukis. (Pexels.com/Jadson Thomas)

Cara lain memanfaatkan waktu luang agar tak terbuang sia-sia adalah dengan mencoba untuk mempelajari skill baru. Dunia sudah sebegitu canggihnya, perkembangan internet juga sudah sedemikan pesatnya. Hal ini jauh lebih memudahkan kita untuk mengakses sesuatu atau bahkan mencoba sesuatu yang baru.

Skill baru dengan mudahnya bisa kamu pelajari lewat internet. Ada yang dibagikan secara gratis ada juga beberapa situs berbayar untuk mencoba pelatihan. Lumayan banget, kan mumpung ada waktu kenapa tidak untuk mencoba skill baru?

7. Coba memperluas networking 

7 Aktivitas yang Membuat Waktu Luangmu Lebih Bermaknailustrasi bersalaman. (Pexels.com/fauxels)

Entah bergabung dengan komunitas, bertemu kawan baru atau bersua lagi dengan kawan lama bila kamu memang ada waktu luang maka, sempatkanlah. Bukan tidak mungkin dari mereka jugalah akan tercipta networking baru yang bisa jadi akan membuka peluang bagimu ke depannya.

Banyak yang beranggapan semakin luas dan banyak networking kita, akan jauh lebih memudahkan kita dalam hidup. Tak melulu perkara pekerjaan, kok mana tahu dari networking ini pula kamu bertemu dengan jodohmu, kan?

Ide-ide untuk kegiatan di waktu luang yang bisa coba kamu lakukan di atas pasti akan bermanfaat. Mumpung belum terlambat, yuk segera manfaatkan waktu luangmu agar tak terbuang sia-sia.

Baca Juga: Berdayakan Teman Tuli, Sunyi Coffee Jogja Tak Sekadar Bisnis

Annisa Nur Fitriani Photo Community Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya