TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bermodal Agar-Agar, 5 Minuman Ini Siap Bikin Harimu Makin Fresh

Daripada beli, mending bikin sendiri!

ilustrasi aneka minuman dengan agar-agar (pixabay.com/Anjelie Khan)

Melengkapi tren minuman kekinian yang saat ini sedang menjamur, kamu bisa meramaikan dapur dengan kreasi minuman hits versi rumahan. Bahan utamanya juga mudah ditemukan karena cukup bermodalkan agar-agar. Kreasi minuman ini dapat diolah menjadi lima varian, semuanya bisa kamu coba dengan referensi di bawah ini.

1. Es susu jelly

Ilustrasi es susu jelly (pixabay.com/Jason Goh)

Agar teman ngemil makin lengkap, gak ada salahnya membuat minuman manis bermodalkan agar-agar. Hidangan ini terbilang ekonomis dan bisa dibuat sambil mengerjakan hal-hal lain di rumah.

Pertama-tama, masak dulu agar-agar dengan aneka rasa favoritmu, setelah selesai tunggu agak dingin dan masukkan ke lemari endingin. Setelah itu, masukkan susu cair ke dalam gelas bersama es batu, potong-potong agar-agar yang sudah mengeras lalu masukkan ke dalam susu.

Baca Juga: Resep Aneka Gorengan Manis Khas Jawa, Ada Jemblem dan Tape Goreng 

2. Es anggur jelly

ilustrasi es anggur jelly (pixabay.com/Ben Kerckx)

Punya warna yang menarik hati, ternyata mmebuat es anggur ini gak susah lho. Caranya masak agar-agar rasa anggur lalu biarkan mengeras. Siapkan pop ice berwarna ungu dan seduh menggunakan air dan es batu. Sempurnakan minuman menggunakan potongan agar-agar yang sudah dimasak.

3. Es kopyor agar-agar

ilustrasi es kopyor agar-agar (pixabay.com/RitaE)

Bikin es kopyor ternyata gak selalu bermodalkan daging kelapa segar, sebab dengan memanfaatkan agar-agar kamu sudah bisa membuat minuman ini.

Buat adonan kopyor dari agar-agar plain atau rasa kelapa, masak bersama santan dan gula pasir. Bila sudah mengeras, kerok serupa daging kelapa. Setelah itu, seduh sirup cocopandan lalu masukkan agar-agar ke dalam minuman. Gampang kan?

4. Es jagung agar-agar

ilustrasi es jagung agar-agar (pixabay.com/Jasmine Phan)

Bukan cuma buah-buahan, ternyata jagung pun sukses digunakan sebagai minuman berbahan dasar agar-agar. Kombinasinya begitu menarik, sehingga cocok untuk kamu yang suka dengan minuman baru.

Tinggal buat adonan agar-agar plain, lalu biarkan sampai mengeras. Sementara jagung yang sudah dimasak bisa dihaluskan dan diolah bersama santan dan gula. Bila seluruh bahan sudah siap, tinggal sajikan deh.

Baca Juga: 5 Minuman Sehat Usai Makan Daging Kurban, Khasiatnya Banyak

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya