TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Muffin Original dengan 1 Telur, Teman Minum Teh dan Kopi

Resep ini bisa disantap 12 orang

ilustrasi resep muffin original 1 telur (unsplash.com/@ejuneolgac)

Mempunyai sisa telur satu butir di rumah, enaknya dibuat bikin apa nih? Digoreng mata sapi atau malah disantap bareng mi instan? Bagaimana kalau kamu mencoba resep muffin original yang memanfaatkan sisa telurmu?

Sisa bahan lainnya gak sulit dicari, terlebih buat kamu yang sehari-hari suka baking. Yuk, catat langkah-langkah dan bahan yang dibutuhkan. Muffin buatanmu bisa sebagai teman minum teh dan kopi.  

Bahan resep muffin original

  1. 240 gram tepung serbaguna 
  2. 3 sendok teh baking powder 
  3. ½ sendok teh garam 
  4. 150 gram gula putih 
  5. 1 butir telur besar 
  6. 240 ml susu 
  7. 60 ml minyak sayur

Cara membuat

  1. Panaskan oven sampai bersuhu 400 derajat F atau 200 derajat C. Sambil menunggu, olesi loyang muffin atau gunakan pelapis kertas supaya tak lengket. Sisihkan. 
  2. Aduk tepung, baking powder, garam, dan gula dalam mangkuk besar sampai merata. Lalu buat cekungan di tengahnya. Lanjut dengan mengocok telur dengan garpu dalam mangkuk kecil bersama susu dan minyak. 
  3. Selanjutnya tuang adonan telur sekaligus ke dalam adonan tepung, aduk cepat dengan garpu sampai tercampur dan adonannya akan menggumpal.
  4. Sendokkan adonan ke dalam cangkir muffin yang sudah disiapkan, isi masing-masing dengan ukuran 3/4 penuh. Panggang dalam oven yang tadi sudah dipanaskan sebelumnya sampai rotinya mengembang, sekitar 25 menit.
  5. Keluarkan muffin dari dalam oven. Sajikan selagi hangat. 

Baca Juga: 5 Muffin Paling Enak di Singapura, Lembut dan Bikin Nagih! 

Verified Writer

Dyar Ayu

Halo!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya