TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Top 5 Gudeg di Jogja Versi TasteAtlas, Legendaris Bercita Rasa Tinggi

Ada yang bisa makan langsung di dapur orang!

Potret Gudeg Sagan (google.com/maps/Gudeg Sagan)

Intinya Sih...

  • Gudeg Yu Djum, legendaris sejak 1950-an, terkenal dengan rasa manis legit dan gudeg telur yang dimasak meresap ke dalam telurnya.
  • Gudeg Sagan, punya cita rasa gurih dari kuah arehnya dan tempat nyaman untuk makan bersama keluarga.
  • Gudeg Pawon, menawarkan sensasi makan langsung di dapur pembuatan gugednya dengan ceker areh yang empuk sebagai teman makan gudegnya.

Ke Jogja tak lengkap tanpa menjajal gudeg sebagai makanan khasnya. Ada puluhan, bahkan mungkin ratusan dengan variasi baik harga, pilihan lauk, sampai jenis gudegnya. Saking banyaknya, bisa bikin pusing harus menjajal yang mana.

Namun kamu jangan khawatir, TasteAtlas yang merupakan panduan kuliner terlengkap di dunia baru-baru ini merilis rekomendasi gudeg di Jogja versi mereka. Kamu yang akhir pekan ini belum ada agenda, bisa menelusuri gudeg ala TasteAtlas berikut ini. Siapa tahu ada yang sesuai dengan lidahmu!

1. Gudeg Yu Djum

Kalau bertanya pada warga lokal tentang gudeg paling terkenal di Jogja, sebagian besar pasti akan menjawab Gudeg Yu Djum. Tempat makan yang satu ini cukup legendaris, yakni buka sejak 1950-an dan mempertahankan resep secara turun temurun hingga kini memiliki banyak cabang di Jogja.

Gudeg Yu Djum terkenal dengan rasa yang manis legit. Kamu bisa pilih lauk tambahan sesuai selera, tapi yang paling populer adalah gudeg telur yang dimasak sampai meresap ke dalam telurnya. Menarik, mereka bahkan menjual versi dalam kaleng yang bisa dijadikan oleh-oleh buat dibawa ke luar kota!

Alamat: Jalan Dagen Nomor 2C, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, buka pukul 06.30-21.00 WIB

2. Gudeg Sagan

Buat kamu yang masih ragu menjajal gudeg karena khawatir dengan rasanya yang terlalu manis, Gudeg Sagan mungkin akan sesuai dengan lidahmu. Gudeg Sagan terkenal karena cita rasa yang cenderung gurih yang didapat dari kuah arehnya.

Bukan hanya karena rasa, tapi Gudeg Sagan juga punya tempat yang nyaman cocok buat makan bareng keluarga. Mereka menggunakan ayam kampung buat lauknya yang dimasak lama sehingga rasa bumbunya meresap dan tetap empuk.

Alamat: Jalan Prof. Herman Yohanes Nomor 53, Samirono, Caturtunggal, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, buka pukul 08.00-23.00 WIB

3. Gudeg Permata Bu Pujo

Gudeg di Jogja versi TasteAtlas selanjutnya adalah Gudeg Permata Bu Pujo. Gudeg yang satu ini buka hanya saat malam hari, tapi bicara soal keramaiannya, gak kalah dengan yang buka seharian. Lokasinya yang berada di tengah kota cukup mudah buat dijangkau dari berbagai arah.

Tempatnya sederhana saja di pinggir jalan, tapi sudah buka sejak tahun 1951. Yang membuat Gudeg Permata Bu Pujo ini terkenal adalah rasanya yang pedas dari sayur krecek alih-alih sambal. Dijamin bikin mata melek!

Alamat: Jalan Gajah Mada Nomor 2, Gunungketur, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: Minggu libur, buka pukul 20.00-01.00 WIB

Baca Juga: 7 Kuliner Gudeg Gurih di Jogja, Bumbunya Medok nan Nagih

4. Gudeg Bu Tjitro 1925

Gudeg Bu Tjitro 1925 (instagram.com/gudegbutjitro1925)

Kalau ingin menikmati gudeg legendaris, jangan lewatkan Gudeg Bu Tjitro 1925 yang sudah buka sejak tahun 1925. Sampai saat ini, rumah makan gudeg tersebut masih bertahan dengan resep awal dan dikelola oleh generasi ke-4.

Saking legendarisnya, Gudeg Bu Tjitro pernah dianugerahi penghargaan dari Menteri Kebudayaan Republik Indonesia atas dedikasi dan pengabdiannya dalam pelestarian kuliner (masakan Gudeg) khas Yogyakarta, dalam Anugerah Kebudayaan dan Penghargaan Maestro Seni Tradisi Kategori Pelestari. Di Gudeg Bu Tjitro 1925 juga kamu bisa menikmati gudeg kalengan dengan berbagai pilihan lauk, yang umur simpannya sampai 18 bulan.

Alamat: Jalan Raya Janti Nomor 330, Modalan, Banguntapan, Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, buka pukul 08.00-20.30 WIB

5. Gudeg Pawon

Makan di restoran atau kaki lima mungkin sudah biasa, tapi kalau makan di pawon atau dapur rumah orang, bagaimana ya sensasinya? Ini lah mengapa kamu wajib memasukkan Gudeg Pawon dalam list kuliner saat ke Jogja. Sebab sesuai namanya, kamu akan makan langsung di dapur pembuatan gugednya.

Karena tempat makannya berada di dapur, kamu bisa sekalian melihat bagaimana proses memasaknya yang masih serba tradisional. Oh iya, jangan lupa cicipi ceker arehnya karena empuk dan cocok banget jadi teman makan gudegnya.

Alamat: Jalan Prof. DR. Soepomo Sh UH/IV Nomor 36, Warungboto, Kapanewom Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, buka pukul 17.00-20.30 WIB


Rekomendasi tempat makan gudeg di Jogja versi TasteAtlas barusan menyajikan keunikannya masing-masing. Legendaris sampai yang bukanya tengah malam, kamu wajib coba satu per satu buat membuktikan kenikmatannya. Meski senada namanya gudeg, dijamin sensasi tiap tempat berbeda!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Gudeg Kaleng Jogja, Ide Oleh-oleh Enak Anti Ditolak

Berita Terkini Lainnya