Comscore Tracker

Grojogan Watu Purbo: Info Lokasi, Harga Tiket, dan Tips

Wisata alam dengan view eksotis di Jogja Utara

Yogyakarta gak pernah terlupakan destinasi wisatanya. Gak hanya wisata seni dan budaya saja, wisata alam pun banyak menghiasi Kota Jogja. Gak bakal ada bosannya di liburan di Kota Gudeg ini!

Termasuk destinasi alam, wisata Grojogan Watu Purbo. Terletak di kaki Gunung Metapi yang sejuk akan nuansa alamnya. Punya nuansa eksotis dengan grojokan bebera tingkat, sekaligus nuansa sejuk yang bikin betah.

Sebelum berencana ke Grojogan Watu Purbo, simak dulu informasi wisata selengkapnya, yuk. Bisa kamu jadikan panduan berlibur, lho! 

1. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket 

Grojogan Watu Purbo: Info Lokasi, Harga Tiket, dan TipsPotret Grojogan Watu Purbo (instagram.com/mas_saptanugraha)

Lokasi: Bangunrejo, Merdikorejo, Tempel, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jam operasional: Buka setiap hari mulai dari pukul 06.00-17.00 WIB.

Harga: Rp3 ribuan dan biaya parkir sesuai kendaraan.

2. Rute menuju Grojogan Watu Purbo 

Grojogan Watu Purbo sangat mudah dijangkau, baik menggunakan kendaraan pribadi motor ataupun mobil. Rute perjalanan menuju lokasinya juga sudah sangat baik dan lancar dengan jalan yang sudah bagus.

Jika kamu mengunjungi Grojogan Watu Purbo dari pusat Kota Jogja, arahkan saja kemdaraan menuju Jalan Magelang. Melalui rute Jalan Magelang, kamu memerlukan waktu tempuh sekitar 40 menitan.

Arahkan kendaraan lurus ke utara melintasi Jalan Magelang. Dari Jombor, lurus terus melintasi Jalan Magelang menuju RSUD Sleman.

Dari RSUD Sleman, arahkan kendaraan lurus sedikit lagi menuju bangjo Tempel atau Monumen Palagan Palbapang Tempel. Dari bangjo tersebut, kamu bisa belok ke kanan menuju rute yang lebih kecil atau disebut dengan Jalan Tempel.

Dari Jalan Tempel kamu bisa cek Google Maps, untuk rute tercepat menuju Grojogan Watu Purbo. Kamu gak perlu khawatir tersesat karena jalur sudah bagus dan lokasinya mudah ditemukan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Wisata Dekat Plunyon Kalikuning Sleman yang Lagi Viral

3. Aktivitas yang bisa dilakukan di Grojogan Watu Purbo 

Grojogan Watu Purbo: Info Lokasi, Harga Tiket, dan TipsPotret Grojogan Watu Purbo (instagram.com/ion.hazardas)

Karena berada di kaki Gunung Merapi, jalan sekitar Grojogan Watu Purbo menjadi rute favorit buat gowes. Tentu saja harus dari rumah membawa kendaraan sepeda, ya.

Jika terlalu malas bersepeda, kamu bisa juga menikmati kesegaran aliran sungai di tengah alam bebas. Jika pengin singgah beberapa saat dengan suasana teduh, siapkan peralatan camping dari rumah untuk berteduh.

Dan satu lagi yang gak boleh ketinggalan, ambil kenanganmu dengan latar grojogan beberapa lapis ini. Dijamin epik, deh! Setelah mengunjungi tempat ini, kamu bisa lanjutkan perjalanan ke destinasi terdekat seperti Landmark World Merapi, Museum Ullen Sentalu, ataupun Bungker Kaliadem.

4. Fasilitas yang tersedia di Grojogan Watu Purbo 

Grojogan Watu Purbo: Info Lokasi, Harga Tiket, dan TipsPotret Grojogan Watu Purbo (instagram.com/gdhindarto)

Seperti destinasi alam lainnya, di sini juga sudah cukup memberikan kenyamanan. Seperti adanya tempat parkir yang aman dan luas, musala, spot foto epik dan luas.

Tentunya di Grojokan Watu Purbo juga disediakan beberapa warung yang menyediakan aneka kudapan saat kamu dilanda lapar. Kudapan tersebut dikelola oleh warga sekitar, tersedia mulai dari berbagai minuman dingin dan hangat serta makanan.

5. Tips berkunjung di Grojogan Watu Purbo 

Grojogan Watu Purbo: Info Lokasi, Harga Tiket, dan TipsPotret Grojogan Watu Purbo (instagram.com/ekoandriyanto32)

Karena berada di kaki Gunung Merapi terkadang cuaca bisa berubah secara tiba-tiba. Oleh karena itu pastikan cuaca sekelilingnya cerah, termasuk cuaca bagian utara, ya.

Untuk berjaga-jaga saat kehujanan di tengah destinasi, siapkan jas hujan ataupun payung, ya. Hindari menggunakan sepatu kain, karena seperti yang kalian tahu ini wisata alam air, ya.

Gunakan lotion ataupun sarung tangan agar tidak terlalu kepanasan di jalan raya. Hati-hati berkendara, terlebih di Jalan Magelang yang cukup ramai.

Dengan beberapa informasi tentang Grojogan Watu Purbo di atas semoga bisa membekalimu sebelum berangkat. Ingat, jangan buang sampah sembarangan dan cintai lingkungan kita selalu ya. Selamat menikmati liburan di alam!

Baca Juga: 5 Wahana Ayunan Gantung di Jogja, Cocok Buat Penikmat Tantangan

senja sandera Photo Community Writer senja sandera

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya