Comscore Tracker

Air Terjun Lepo Bantul: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan Tips Liburan

Ajak bestie biar liburan semakin seru, ya!

Berendam di bawah guyuran air terjun memang segar banget, ya. Karenanya, wisata alam satu ini kerap kali jadi pilihan untuk melepas penat di akhir pekan dari padatnya perkotaan.

Kalau kamu sedang bermain ke Jogja, Air Terjun Lepo atau Grojogan Lepo Dlingo wajib disambangi, nih. Lebih seru lagi kalau bawa teman-teman.

Meski lokasinya tersembunyi di pelosok Bantul, namun Air Terjun Lepo yang dibuka sejak 2013 ini menjadi salah satu wisata air kegemaran masyarakat. Lebih dulu, yuk, catat informasi mengenai tiket masuk, rute, hingga tips seru menghabiskan waktu di Air Terjun Lepo.

1. Lokasi, jam buka dan harga tiket

Air Terjun Lepo Bantul: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan Tips Liburaninstagram.com/gembell_bpckr

Lokasi: Jalan Pokoh, Dlingo, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: Senin sampai Minggu, buka pukul 06.00 s.d. 17.00 WIB

Harga tiket masuk: Rp2.000

Tiket parkir: Rp5.000

2. Rute menuju Air Terjun Lepo

Air Terjun Lepo Bantul: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan Tips Liburangapura kedatangan Air Terjun Lepo (earth.google.com/Kurnia Chasanah)

Lokasi dari Air Terjun Lepo ini mudah dijangkau, tetapi memang cukup jauh dari pusat Kota Yogyakarta. Sekitar 28,9 km atau memerlukan waktu 59 menit menggunakan kendaraan roda dua.

Rute yang dapat kamu tempuh untuk menuju lokasi sudah layak dilewati, meski masih berbelok-belok dan naik-turun. Bagi yang datang dari KM 0, dapat melewati Jalan Panembahan Senopati, dari perempatan ke Selatan. Setelah itu, kamu akan melewati Jalan Brigjen Katamso dengan jalan terus sampai ke pertigaan ke Selatan.

Baca Juga: 5 Fakta Air Terjun Kaieteur, Tingginya 5 Kali dari Air Terjun Niagara

3. Aktivitas seru di Air Terjun Lepo

Air Terjun Lepo Bantul: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan Tips LiburanAir Terjun Lepo (instagram.com/ahmad.saifudin22)

Selain berendam, kamu bisa meditasi sambil menikmati gemericik air terjun. Ada ayunan di atas aliran sungai yang aman dinaiki, juga panggung kecil di pelipir kolam untuk berfoto.

Kondisi air di Air Terjun Lepo di sini masih sangat alami. Ada beberapa grojogan atau tingkatan air terjun yang berada dalam satu aliran sungai.

Grojogan air yang pertama berada di samping penarikan sumbangan, ketinggiannya tidak lebih dari satu meter. Di bagian bawahnya, terdapat cekungan alami yang bentuknya menyerupai sebuah kolam renang dengan kedalaman 1 sampai 1,5 meter yang biasa jadi spot untuk berendam.

Grojogan kedua berada di bawah grojogan pertama, tetapi lebih tinggi dan berhasil memikat banyak pengunjung. Tingginya sekitar 10 meter dan termasuk dalam tipe air terjun melebar.

Dinding air terjun membuat air mengalir dan membentuk sebuah tirai kecil, sehingga pengendapan kapur dapat terjadi di dalamnya. Di bawah grojogan kedua, terdapat kolam memanjang sejauh 30 meter dengan kedalaman 1 meter.

4. Fasilitas yang tersedia

Air Terjun Lepo Bantul: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan Tips Liburansuasana asri di Air Terjun Lepo (earth.google.com/Rafael Mario Yosef Lennon)

Fasilitas yang ada di destinasi ini masih minim, karena pengelolaannya yang belum maksimal. Tapi, jangan khawatir kalau tiba-tiba perut keroncongan sehabis mandi, kamu bisa bertolak ke warung yang berjajar tidak jauh dari kolam.

Ada pula aula untuk tempat pertemuan, kamar mandi atau toilet, penyewaan pelampung, dan penyewaan tikar. Namun, untuk berjaga-jaga warung tidak buka, bawalah bekal atau snack dari rumah untuk dinikmati sambil berteduh di bawah pepohonan rindah.

5. Tips wisata yang perlu diperhatikan

Air Terjun Lepo Bantul: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan Tips LiburanAir Terjun Lepo (instagram.com/jogjascenery)

Beberapa orang kerap memanfaatkan air terjun ini untuk foto pre-wedding. Agar mendapat jepretan yang cantik, kamu harus datang saat cuaca cerah dan bukan musim kemarau.

Jika datang saat hujan, pemandangan akan menjadi berkabut dan menjadi kurang bagus untuk mengambil foto. Bebatuan di sekitar air terjun juga menjadi lebih licin, sehingga kamu harus ekstra hati-hati.

Kamu juga dapat berpose menggunakan payung dan jas hujan, payung atau jas harus memiliki warna yang cerah. Jangan lupa untuk menampilkan siluet belakang tubuh dan membelakangi kamera, sehingga kamu dapat berada di sisi air terjun. 

Memaksimalkan waktu berlibur dengan berjalan-jalan di kawasan Air Terjun Lepo memang menyenangkan. Yuk, segera buat schedule dan planning-nya bersama orang tersayang.

Baca Juga: Info Wisata Air Terjun Peguyangan, Wisata Alam Populer di Bali 

Topic:

  • Langgeng Irma Salugiasih

Berita Terkini Lainnya