Comscore Tracker

4 Alasan Mengapa Kamu Harus Ikutan Curatorial Tour di ARTJOG MMXIX

Menikmati karya seni kontemporer jadi lebih asyik!

Yogyakarta, IDN Times - Ada banyak hal menarik yang bisa kamu nikmati saat mengunjungi ARTJOG MMXIX atau ARTJOG 2019 yang masih akan digelar hingga 25 Agustus 2019 mendatang. Salah satunya program edukasi ARTJOG yang dikemas dalam Curatorial Tour.

Program ini digelar rutin setiap Selasa dan Jumat, berlokasi di ruang pamer Jogja National Museum. "Program ini dimaksudkan agar dapat mendekatkan karya seni dengan pengunjung, sekaligus sebagai sarana edukasi," ujar salah satu kurator ARTJOG MMXIX, Ignatia Nilu, Selasa (6/8).

1. Bisa langsung tanya tentang makna suatu karya

4 Alasan Mengapa Kamu Harus Ikutan Curatorial Tour di ARTJOG MMXIXIDNTimes/Holy Kartika

Gak semua orang yang datang ke pameran seni akan paham dengan karya yang dipamerkan seniman, bukan? Nah, cuma di ARTJOG MMXIX, kamu bisa tanya langsung tentang ide atau latar belakang suatu karya yang dibuat seorang seniman.

Program Curatorial Tour ini akan mengajak kamu mengelilingi ruang pamer dan mendapatkan informasi, serta edukasi tentang karya-karya yang dipamerkan. Curatorial Tour merupakan program yang diinisiasi kali pertama pada 2014 lalu.

"Ini merupakan platform yang terus kami pertahankan sejak 2014," ujar Nilu.

Konsep awalnya adalah menjadikan karya dan pengunjung lebih dekat. Edukasi secara langsung ini diharapkan dapat memberikan ruang yang lebih luas bagi pengunjung untuk mendapatkan informasi lebih tentang suatu karya.

"Melalui program ini memungkinkan interaksi dua arah antara pengelola dan audiens. Jadi, pengunjung yang punya pertanyaan tentang suatu karya, tidak usah malu-malu untuk menyampaikannya," ungkap Nilu.

2. Cara asyik memahami setiap karya seniman ARTJOG

4 Alasan Mengapa Kamu Harus Ikutan Curatorial Tour di ARTJOG MMXIXIDNTimes/Holy Kartika

Gengs, tidak seperti Curator Talks yang presentasi pameran hanya disampaikan lewat komunikasi searah. Curatorial Tour dikemas lebih santai dan membebaskan pengunjung lebih dalam menggali tentang makna suatu karya.

Nilu mengatakan Curatorial Tour mengemas presentasi tentang suatu karya dengan cara yang lebih santai. Suasana yang lebih cair dalam menyampaikan tentang ide atau gagasan suatu karya dipandang lebih efektif.

"Karena tidak seperti Curator Talks, di mana kurator di depan menjelaskan tema dan konsep karya, lalu audiens hanya menonton. Kami ingin suasana yang lebih kasual dan ada interaksi dua arah, antara kurator dan pengunjung," jelas Nilu.

Baca Juga: Ingin Lihat Pameran ARTJOG MMXIX, Perhatikan Dulu Tata Tertib Ini, Ya!

3. Anti mati gaya datang ke pameran sendirian

4 Alasan Mengapa Kamu Harus Ikutan Curatorial Tour di ARTJOG MMXIXIDNTimes/Holy Kartika

Datang ke pameran gak punya gandengan yang bisa nemenin? Tenang karena kalau kamu ikut Curatorial Tour, bakal banyak teman baru selama berkeliling menikmati karya-karya unik seniman ARTJOG.

Registrasi peserta yang ingin ikut program ini bisa langsung diakses lewat situs www.artjog.co.id. Nah, lewat program ini, Nilu berharap bisa menyampaikan ide dari karya para seniman kepada pengunjung. Sehingga, pesan yang dikemas dalam suatu karya seni tersebut dapat mudah dipahami dan diterima oleh penikmatnya.

"Baru kali ini, saya datang ke ARTJOG dan saat tahu ada program ini, langsung registrasi untuk ikut. Ternyata menyenangkan, apa yang disampaikan kurator tentang karya seniman, bisa lebih mudah dipahami, ketimbang harus melihat sendiri dan membaca sinopsisnya," ungkap Arya, salah satu peserta Curatorial Tour.

4. Lebih dekat mengenal common space 39 seniman

4 Alasan Mengapa Kamu Harus Ikutan Curatorial Tour di ARTJOG MMXIXIDNTimes/Holy Kartika

ARTJOG MMXIX dengan tema besar Arts in Common ingin berkisah tentang common space yang dihadirkan lewat karya-karya seniman. Tidak hanya seniman Yogyakarta maupun dari berbagai daerah, tetapi juga dari sejumlah negara.

"Common space ini berbicara tentang ruang alam, ruang virtual, dan perubahan-perubahan habitat terutama yang terjadi karena intervensi teknologi. Jadi di sini kami ingin mencoba menjelaskan bagaimana perspektif seniman terhadap alam yang dikemas lewat karya-karya mereka," jelas Nilu.

Nilu mengungkapkan adanya dampak yang besar dari perubahan-perubahan tersebut terhadap relasi sosial. Total ada 39 seniman yang berpartisipasi, yang mana 24 seniman di antaranya adalah seniman undangan yang lolos melalui jalur aplikasi.

"Ke-24 seniman ini kami pilih, karena karya-karya mereka memiliki perhatian yang terhadap tema-tema ruang bersama," imbuh Nilu.

Nah, tunggu apalagi, ayo ke ARTJOG MMXIX, dijamin banyak acara seru yang bisa kamu nikmati sampai 25 Agustus 2019 mendatang, lho!

Baca Juga: ARTJOG MMXIX Telah Dibuka, Ini Daftar Kegiatan yang Bisa Kamu Ikuti! 

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya