Comscore Tracker

Teras Kaca Pantai Nguluran: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan Tips

Tempat wisata hits di Gunungkidul yang sayang dilewatkan

Teras Kaca di Pantai Nguluran menjadi destinasi wisata baru dan populer di Kabupaten Gunungkidul. Jangan heran, ini karena Teras Kaca menyajikan pesona baru yang gak semua tempat main ada. Yaitu wahana yang dibangun menyerupai teras dengan bahan kaca, dan terletak di tepi jurang yang langsung menghadap ke pantai. 

Meski cukup memacu adrenalin, Teras Kaca gak pernah sepi pengunjung, dan didominasi oleh perempuan muda. Selain refreshing pikiran, tujuan mereka tentu saja ingin membuat konten. 

Kamu tertarik juga? Baca dulu ulasan lengkap soal lokasi, rute, tips, sampai harga tiket masuk ke Teras Kaca, Pantai Nguluran di bawah ini. Biar jalan-jalanmu minim kendala!

Baca Juga: Wisata Alam Kalibiru: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan Tips 

1. Alamat dan rute menuju Teras Kaca

Teras Kaca Pantai Nguluran: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan TipsTerang Kaca Pantai Nguluran (instagram.com/friskancut)

Berada di Kabupaten Gunungkidul, perjalanan ke Teras Kaca setidaknya membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam menggunakan kendaraan bermotor dari pusat Kota Yogyakarta. Cukup menguras tenaga memang, tapi segala lelah dan pegal badan akan sirna begitu sampai di lokasi. 

Untuk rute ke Teras Kaca, dari kota kamu bisa mengambil arah ke Jalan Imogiri. Setelah sampai di Jalan Imogiri Siluk, teruskan sampai ke Jalan Siluk Panggang. Nah, dari Jalan Siluk Panggang sedikit belok ke kiri ke arah Jalan Panggang. 

Dari Jalan Panggang, terus sejauh 450 meter dan belok kiri ke Jalan Panggang Utama atau Jalan Raya Panggang Wonosari. Ambil jalan lurus sejauh 8 km, kemudian belok kiri sejauh 1,2 km, belok kanan sejauh 180 m, belok kiri sejauh 86 meter, belok kanan sejauh 3,3 km dan sampailah ke Teras Kaca. 

Alamat: Bolang, Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

2. Jam dan hari operasional Teras Kaca

Teras Kaca Pantai Nguluran: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan TipsTeras Kaca, Gunungkidul (instagram.com/heraicis)

Meski lokasinya berdekatan dengan pantai, Teras Kaca memiliki hari dan jam buka yang lebih terbatas. Tak seperti pantai yang bebas dikunjungi kamu bisa masuk ke wahana Teras Kaca Mulai dari pukul 09.00 WIB sampai 17.00 WIB setiap harinya. 

Walau jam bukanya terbatas, pasti waktu tersebut cukup untuk berfoto sepuasnya di 6 spot foto yang disediakan di Teras Kaca. Antara satu per satu spot foto di sana jaraknya juga gak jauh, jadi gak akan menghabiskan waktu lama. 

Baca Juga: Pantai Ngrenehan: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan Tips

3. Harga tiket di Teras Kaca

Teras Kaca Pantai Nguluran: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan TipsTerang Kaca Pantai Nguluran (instagram.com/angelanoviii)

Teras Kaca Pantai Nguluran selalu ramai, terutama saat akhir pekan. Selain bisa buat berfoto, di sini kamu bisa sekalian menyegarkan pikiran dengan melihat ombak dan mencium aroma laut yang khas. 

Jangan hanya sendirian! Ajak juga saudara, teman, bahkan rekan kerja buat ke Teras Kaca dan liburan bareng. Apalagi mengingat harga tiket masuknya gak mahal, yaitu cukup Rp10 ribu per orang, loh. Eits, tapi untuk tiket masuk ini belum termasuk biaya masuk ke spot-spot fotonya, ya.  

4. Spot foto di Teras Kaca dan tiket masuknya

Teras Kaca Pantai Nguluran: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan TipsTeras Kaca, Gunungkidul (instagram.com/githa.r.p)

Yang bikin menarik dari Teras Kaca adalah mereka punya 6 tempat berfoto yang semuanya Instagramable. Buat bisa berfoto di tempat tersebut, kamu perlu membayar sejumlah uang yang jumlahnya berbeda-beda per tempatnya. 

Spot foto pertama adalah teras kaca sekaligus yang paling hits dengan harga tiketnya Rp20 ribu. Spot kedua adalah Giant Chair yang seperti namanya, sebuah kursi ukuran besar dari kayu yang tiket berfotonya hanya Rp10 ribu. Mau berfoto ala negeri dongeng? Kamu bisa menjajal becak terbang yang biaya fotonya Rp10 ribu. 

Ada juga Giant Terazzz, yang berbeda dari spot teras kaca sebelumnya. Bagian tengahnya terdiri dari jaring-jaring yang bisa digunakan untuk berfoto dengan pose yang lebih santai dengan tiket masuk Rp50 ribu. Kalau cari yang sempurna buat prewedding, ada glass boat dengan tiket seharga Rp30 ribu. 

Kini ada beberapa spot foto baru, salah satunya yaitu Jogja Swing di mana kamu akan berfoto di atas ayunan yang tinggi. Cukup menantang adrenalin dan menyenangkan!

5. Tips berkunjung ke Teras Kaca

Teras Kaca Pantai Nguluran: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan TipsTerang Kaca Pantai Nguluran (instagram.com/yolastuti_)

Selayaknya liburan ke pantai, saat ke Teras Kaca kamu wajib banget menggunakan sun block supaya kulit gak terbakar. Tips mengunjungi Teras Kaca yang kedua yaitu jangan lupa sarapan dan membawa minum, cuaca yang panas bisa bikin berkeringat sampai dehidrasi, loh. 

Gak kalah penting juga, yaitu saat berfoto di beberapa spot, kamu wajib melepas alas kaki supaya tempat berfotonya tetap bersih. Di Teras Kaca juga menyediakan jasa foto dengan kamera profesional, dijamin hasilnya keren meski biaya jasanya hanya Rp5 ribu untuk satu foto. 

Jadi, kapan nih mau liburan ke Teras Kaca Pantai Nguluran? Kamu yang senang berfoto atau membuat konten lain, gak akan menyesal deh buat datang sesekali ke sini. Selamat liburan!

Baca Juga: 5 Wisata Hidden Beach Gunungkidul, Berasa Pantai Pribadi

Dyar Ayu Photo Community Writer Dyar Ayu

Jalan-jalan mencari penyu Alabiyu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya