Comscore Tracker

Wisata Alam Kalibiru: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan Tips 

Wisata alam bernuansa perbukitan, cocok buat refreshing! 

Selain punya koleksi puluhan pantai yang indah, Jogja juga punya koleksi wisata alam lainnya. Termasuk Wisata Alam Kalibiru yang berada di Kabupaten Kulon Progo. Memiliki hamparan hijau perbukitan yang terpampang menyegarkan di depan mata, bikin syahdu.

Wisata Alam Kalibiru juga terletak gak jauh dari Bandara YIA, bisa sekalian mampir main ke sini. Sebelum berangkat, simak dulu informasi mengenai Wisata Alam Kalibiru di bawah ini. 

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Dekat Bandara YIA Kulon Progo yang Hits, Yuk Mampir!

1. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket 

Wisata Alam Kalibiru: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan Tips Potret aktivitas di sekitar Kalibiru (instagram.com/kalibiru_adventure)

Lokasi: Kalurahan Hargowilis, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Jam operasional: 06.00 sampai 17.00 WIB, setiap hari.

Harga tiket: Rp10 ribu. 

2. Rute menuju Wisata Alam Kalibiru 

Wisata Alam Kalibiru: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan Tips Potret rute Kalibiru (instagram.com/kalibiru_adventure)

Walaupun cukup jauh dari pusat kota, tapi di sana banyak destinasi pilihan yang bisa sekalian kamu kunjungi. Untuk objek wisata Kalibiru sendiri berjarak sekitar 45 km dari pusat Kota Yogyakarta.

Arahkan kendaraanmu menuju wilayah Sentolo, kamu bisa melalui rute Malioboro ke arah Barat atau Tugu lurus ke melewati Jalan Godean dan belok kanan lurus menuju Sentolo saat tiba di Ring Road Barat. Saat sudah melintasi area Sentolo, arahkan lurus menuju Pengasih.

Kemudian menuju arah alun-alun Wates dan RSUD Wates, masih lurus ke arah Sermo. Dari wilayah Sermo, siapkan kendaraanmu untuk menanjak menuju Kalibiru. Dan saat keatas sudah ada penjaga yang akan mengarahkanmu menuju destinasi Kalibiru.

3. Aktivitas yang bisa dilakukan di Wisata Alam Kalibiru 

Wisata Alam Kalibiru: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan Tips Potret Wisata Kalibiru (instagram.com/yanisunarharum)

Selain menikmati pemandangan yang epik dari puncak perbukitan, kamu juga bisa memacu adrenalin dengan menyewa flying fox yang sudah disediakan khusus di hari Minggu. Atau jika berniat menguji kekuatan fisik, kamu bisa melakukan aktivitas trekking.

Jangan lupa, abadikan kenanganmu di sini dengan berfoto di latar yang sudah disewakan ya. Cocok buat mengisi koleksi foto media sosialmu deh. Menyewa jip sembari menikmati udara segar di lintasan Kalibiru juga dijamin bikin pikiran plong. 

Baca Juga: 5 Jalur Bersepeda di Kulon Progo, View-nya Favorit Banget!

4. Fasilitas yang tersedia di Kalibiru 

Wisata Alam Kalibiru: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan Tips Potret Wisata Kalibiru (instagram.com/hello.ndre_)

Untuk mendukung sesi berfoto kamu beserta rombongan, di sini juga sudah menyediakan spot ataupun fotografer yang siap mengabadikan kebersamaanmu. Parkir di sini juga cukup luas buat motor dan mobil, tersedia kios makanan juga lho.

Buat yang pengin menikmati keindahan alam selama beberapa hari di puncak, sudah banyak pula homestay di sekitar destinasi. Ada sarana outbond juga yang bisa kamu coba buat menguji keberanian. 

5. Tips berkunjung ke Kalibiru 

Wisata Alam Kalibiru: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan Tips Potret Wisata Kalibiru (instagram.com/ameliarohmahs_)

Karena jalur yang cukup menanjak, usahakan persiapkan kendaraan dengan baik. Termasuk persiapkan rem kendaraanmu, ya. Jangan sampai macet di tengah tanjakan menuju ke atas.

Sebelum berangkat, pastikan juga badanmu dalam kondisi sehat dan bugar. Karena untuk menuju puncak Kalibiru, perlu berjalan kaki cukup jauh.

Seperti yang kamu tahu, lokasi ini berada jauh dari pusat Kota Jogja. Jadi pakai sarung tangan dan kaos kaki untuk menghindari kulit belang jika mengendarai motor, terlebih saat kondisi panas.

Cek cuaca terlebih dahulu juga jadi tips penting. Jangan sampai sudah sampai puncak tapi pemandangan malah terhalang kabut, ya.

Itulah beberapa info singkat terkait Wisata Alam Kalibiru yang bisa kamu jadikan referensi sebelum berangkat. Jangan lupa periksa kendaraan sebelum berangkat, ya. Selamat menghabiskan waktu liburanmu!

Baca Juga: Pantai Jogan Gunungkidul: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan Tips

senja sandera Photo Community Writer senja sandera

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya