Comscore Tracker

5 Game Zombie Lawas yang Masih Layak Dimainkan Tahun 2022

Siap bikin kamu nostalgia dan keringat dingin

Game bertema zombie apocalypse selalu berhasil memancing para gamers untuk menguji mental mereka untuk bertahan di antara gempuran mayat hidup. Selain menegangkan, game bergenre survival horror ini juga mempunyai konsep yang sederhana, yaitu terus melawan zombie sepanjang waktu. 

Era sekarang sudah diisi dengan game bertema zombie dengan kualitas grafis yang selalu membuat para gamers kagum setiap harinya. Namun apakah game-game zombie harus selalu dengan kualitas grafis memukau untuk memancing perhatian kamu di zaman sekarang? Tentu saja tidak. Ada beberapa game zombie versi lawas yang masih worth it kamu mainkan pada tahun 2022 ini. Berikut daftarnya!

1. Dead Island

https://www.youtube.com/embed/G7-tmy-Gon4

Dead Island adalah game bertema zombie yang rilis pada tahun 2011. Game besutan Deep Silver ini dapat kamu mainkan secara single-player dan multiplayer. Mode multiplayer dapat menampung 4 pemain dalam satu lobby. 

Ada empat orang yang dapat kamu pakai di dalam game ini, yaitu Sam B, Xian Mei, Purna, dan Logan. Masing-masing karakter punya skill yang unik dan bersifat saling melengkapi sebagai sebuah tim. Selama permainan, kamu akan menggunakan berbagai senjata melee yang dapat dimodifikasi untuk melawan semua zombie yang ada. Segala quest yang ada mempunyai tingkat kesulitannya masing-masing sehingga kamu wajib berhati-hati sebelum memulai segala quest tersebut.

2. State of Decay 1

https://www.youtube.com/embed/x8CUUPyMRTI

State of Decay adalah game besutan Undead Labs yang rilis pada tahun 2013. Game ini bercerita tentang kumpulan penyintas yang berusaha untuk bertahan hidup di dalam sebuah kota kecil yang hampir seluruh penduduknya telah terinfeksi menjadi zombie. 

Tak hanya harus selamat, game zombie ini mempunyai konsep yang menantang bagi kamu. Dalam game ini, kamu perlu menerapkan kemampuan leadership yang baik untuk mengatur segala hal yang terjadi.

Kamu dapat memilih dan memperkuat base yang kamu punya agar selalu siap melawan zombie horde. Kamu dapat merekrut survivor yang tersebar di kota. Kamu harus belajar untuk mengatur segala resource yang tersedia agar semua survivor selalu dalam keadaan sehat. 

Kamu gak bisa bermain terlalu barbar dalam game ini. Jika kamu mati, maka karakter yang kamu pakai tidak bisa dipakai kembali dan akan digantikan dengan survivor lain. Berhati-hatilah dengan fitur perma-death tersebut. 

Baca Juga: 7 Fakta Mario, Muncul Karena Nintendo Alami Masalah Lisensi

3. Left 4 Dead 2

https://www.youtube.com/embed/Psjq5teBvDk

Kamu pasti sudah gak asing dengan game bertema zombie yang legendaris ini. Game besutan Valve yang rilis pada tahun 2009 memang selalu jadi game zombie yang dapat kamu nikmati bersama teman mabar kamu. MetaCritic memberikan skor 89 pada game ini. 

Left 4 Dead 2 ini mempunyai konsep storyline yang berdasarkan pada skenario yang kamu pilih. Tidak ada storyline utama yang harus kamu jalani seperti kebanyakan game pada umumnya. Setiap skenario tersebut akan membawa kamu merasa seperti seorang aktor yang sedang beraksi di dalam film. Ada empat orang yang dapat kamu pakai, yaitu Nick, Rochelle, Coach, and Ellis. 

4. Dead Rising 2

https://www.youtube.com/embed/UCEPB4WZ0Cc

Dead Rising 2 adalah game besutan Blue Castle Games yang dirilis pada tahun 2010. Kalau kamu sedang mencari game bertema pesta zombie yang cukup menantang, game ini dapat menjadi salah satu referensi bagi kamu. Bayangkan saja ketika kamu baru saja keluar dari markasmu, siap-siap ribuan zombie sedang menunggu dan menyerang kamu. 

Kamu berperan sebagai Chuck Greene, mantan atlet motorcross yang harus memastikan agar anak semata wayangnya dapat selalu bertahan sepanjang waktu. Anaknya harus mendapat pengobatan secara rutin agar tidak berubah menjadi zombie.

Hampir seperti Dead Island, kebanyakan senjata yang kamu pakai dis ini bersifat melee dan dapat kamu modifikasi. Game ini juga punya boss system dan variasi ending cerita yang berbeda-beda. 

5. Project Zomboid

https://www.youtube.com/embed/53NTE09KcDE

Project Zomboid merupakan game bertema zombie yang unik dan sederhana. Game besutan The Indie Stone pada tahun 2013 menyajikan gameplay dengan perspektif isometric. Grafik yang ditawarkan bersifat pixel art dengan gameplay sudut pandang kamera berada di atas pemain. Game ini mengusung genre sandbox dan survival RPG. 

Game ini mempunyai objektif yang sangat sederhana, yaitu seberapa lama kamu dapat bertahan hidup dari para zombie. Hanya itu saja objektif kamu dalam game ini. Karakter yang kamu pakai juga punya statistik personal yang nggak boleh dibiarkan. Adapun statistik tersebut seperti tingkat kelaparan, stress, stamina, kepanikan, dan lain-lain. Kamu juga dapat upgrade karakter kamu menjadi semakin kuat selama kamu bermain.  

Deretan game zombie tersebut dapat kamu jadikan sebagai referensi game bertema zombie yang dapat kamu coba di tahun ini. Selain konsep gameplay yang asik, game tersebut juga punya spesifikasi yang gak akan mencekik gaming setup kamu seperti game-game dengan kualitas AAA.

Baca Juga: 7 Game Naruto Terbaik Sepanjang Masa, Ada Ultimate Ninja Storm

Andra Setiawan Weltofa Photo Community Writer Andra Setiawan Weltofa

Penulis artikel bermanfaat anti-boring! / E-mail: andrasweltofa@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya