Bali United Taklukkan Persiraja, Rizky Pellu Dipuji

Persiraja akui kacau di babak pertama

Sleman, IDN Times - Laga Bali United vs Persiraja Banda Aceh dalam lanjutan babak penyisihan Grup D Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Senin (29/3/2021), berakhir dengan skor 2-0 untuk kemenangan pasukan Serdadu Tridatu.

Dua gol kemenangan anak buah Stefano 'Teco' Cugurra itu dicetak oleh Ilija Spasojovic pada menit ke-11 dan Rizky Pellu 8 menit berselang.

"Saya pikir tadi kita babak pertama sudah kontrol pertandingan, sudah menang," kata Teco saat sesi jumpa pers pasca laga.

Baca Juga: Sempat Unggul, PSS Takluk di Laga Perdana Piala Menpora 2021

1. Puji Rizky Pellu

Bali United Taklukkan Persiraja, Rizky Pellu DipujiPesepak bola Bali United Risky Pellu (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Persiraja Banda Aceh Ousmane Fane (kanan). ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

Salah satu pemain yang cukup menjadi sorotan dalam laga ini adalah Rizky Pellu, menggantikan Diego Assis Figueiredo yang dibekap cedera pascalatihan.

Eks pemain PSM Makassar ini mampu membayar kepercayaan yang diberikan kepadanya dengan kontribusinya pada keseimbangan di lini tengah, menjaga aliran bola, bahkan mencetak gol kedua Bali United pada menit ke-19.

Teco bahkan memuji kemampuan duel udara punggawa berusia 28 tahun itu. "Rizky Pellu orang kuat, tidak takut juga," sambungnya.

Dia berharap permainan cemerlang ini bisa konsisten ke depannya.

"Hari ini dia cetak gol tapi dianulir, mudah-mudahan lawan Persita bisa cetak gol tapi tidak dianulir," katanya berseloroh.

2. Ganti enam pemain

Bali United Taklukkan Persiraja, Rizky Pellu DipujiPesepak bola Bali United Stefano Lilipaly (kanan) berebut bola dengan pesepak bola Persiraja Banda Aceh Eriyanto (kiri). ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

Pertandingan kali ini juga menjadi momen bagi Teco untuk merotasi para pemainnya. Selepas mencetak dua gol, pria Brasil itu mengambil seluruh kesempatan pergantian pemain.

"Saya sudah ganti empat pemain dalam pertandingan pertama dan ini saya ganti enam pemain dalam pertandingan kali ini. Saya pikir ini kalau ada yang bilang tidak ada rotasi itu salah mengerti," pungkasnya.

Ilija Spasojovic, pencetak gol pembuka ke gawang Persiraja ikut mengapresiasi kinerja rekan-rekannya, terutama pos lini tengah. Dia mengaku senang lantaran aliran bola kepadanya stabil.

"Saya pikir ada beberap progres dari pertandingan kemarin. Semua harus kerja keras, sebagai individual dan tim harus progres. Dan saya optimis untuk pertandingan berikutnya akan lebih baik lagi," ucap Spaso.

3. Akui kacau babak pertama

Bali United Taklukkan Persiraja, Rizky Pellu DipujiPesepak bola Bali United Rizky Ahmad Sanjaya Pellu (kanan) mencoba melewati penjaga gawang Persiraja Banda Aceh Fakrurrazi (tengah). ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

Pada kesempatan berbeda, Pelatih Persiraja Banda Aceh Hendri Susilo tetap memuji perjuangan timnya meski harus kalah dua gol tanpa balas.

"Secara permainan saya pikir anak-anak cukup bagus. Artinya di babak kedua sangat ada progres, buktinya mereka (Bali United) tidak bisa cetak gol dan beberapa kali kita dapat peluang," kata Hendri seusai laga.

Kekalahan pada laga ini, katanya, tak terlepas dari penampilan Laskar Rencong pada babak pertama yang ia nilai cukup berantakan. Apalagi di lini tengah, hampir tak berkutik.

"Makanya saya ubah sedikit strateginya. Saya masukan ada pemain asing itu, ternyata di situ lebih progres, ada perlawanan sampai babak akhir," ungkapnya.

4. Peluang lolos kian berat

Bali United Taklukkan Persiraja, Rizky Pellu DipujiPersiraja Banda Aceh mulai melakukan latihan perdana, di Stadion H Dhirmurthala, Kota Banda Aceh (IDN Times/Saifullah)

Kekalahan ini membuat peluang Persiraja lolos ke fase berikutnya kian, apalagi di laga terakhir grup D mereka harus berhadapan dengan Persib Bandung. Kendati, Hendri yakin Lantak Laju masih memiliki kans.

"Saya tidak mau bicara target. Tapi nanti kita evaluasi dan kita juga lihat perkembangan Persib seperti apa," tandasnya.

Di laga lain, Persib Bandung mengakhiri laga versus Persita Tangerang dengan kemenangan 3-1.

Dengan kemenangan ini, Maung Bandung mengoleksi empat poin, sama dengan Bali United dan duduk di posisi runner up klasemen Grup D Piala Menpora 2021 karena kalah selisih gol.

Persiraja Banda Aceh ada di posisi ketiga dengan raihan tiga poin. Sementara, Persita Tangerang di urutan terbawah usai menelan kekalahan keduanya.

Baca Juga: Persib Tanpa Sang Kapten, Farshad Noor Masih Isolasi

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya