Penalti di Menit Akhir, Pemain PSS Kecewa dengan Keputusan Wasit

Keberuntungan belum berpihak pada Laskar Sembada

Sleman, IDN Times - PSS Sleman terpaksa pulang tanpa poin dalam laga tandang kontra Persija Jakarta pada pekan ke-23 BRI Liga 1 2023/24 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat Sabtu (16/12/2023) malam. Laskar Sembada kalah 1-0 usai wasit Futoshi Nakamura memberikan hukuman penalti pada menit 90+2’. 

Dalam sesi konferensi pers pascapertandingan, pemain PSS mengungkapkan kekecewaannya atas keputusan kontroversial wasit di menit akhir.

1. PSS juga harusnya dapat hadiah penalti

Penalti di Menit Akhir, Pemain PSS Kecewa dengan Keputusan WasitPertandingan tandang PSS Sleman kontra Persija di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat Sabtu (16/12/2023) (pssleman.id)

Wasit asal Jepang tersebut menunjuk titik putih usai menganggap Thales Lira melanggar Marko Simic di kotak penalti. Gelandang PSS Sleman, Esteban Vizcarra, mengatakan keputusan tersebut menihilkan kerja keras timnya selama 90 menit.

“Kedatangan kami menjalani pertandingan ini dengan kerja keras sepanjang pertandingan. Namun wasit memberikan keputusan penalti yang tidak bagus untuk kami ketika tinggal dua menit,” ucap Vizcarra, Sabtu (16/12/2023) malam dilansir laman resmi PSS. 

Menurut Vizcarra, PSS seharusnya mendapatkan hadiah penalti ketika bola sepakan Leonard Tupamahu menyenggol tangan pemain Persija. 

“Kita bermain bagus di pertandingan ini kemudian menciptakan momen penting ketika kami mendapatkan peluang dari tendangan Leo yang mengenai tangan pemain bertahan Persija. Namun wasit memutuskan bukan pelanggaran tapi kami tidak banyak protes dan fokus pada pertandingan,” ujarnya.

2. Risto tetap bangga pada anak asuhnya

Penalti di Menit Akhir, Pemain PSS Kecewa dengan Keputusan WasitPertandingan tandang PSS Sleman kontra Persija di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat Sabtu (16/12/2023) (instagram.com/pssleman)

Senada, Pelatih Kepala PSS Sleman, Risto Vidakovic, mengatakan anak asuhnya layak memperoleh hasil imbang dari laga tersebut. 

“Kami tidak tahu penyebabnya wasit asal Jepang tersebut memberikan penalti untuk tuan rumah di akhir pertandingan. Apapun itu kami harus tetap menerima,” ujarnya. 

Terlepas dari hasil pertandingan yang dianggap mengecewakan, Risto tetap bangga dengan penampilan para pemain Super Elja.

“Para pemain telah berjuang dengan 100 persen, mereka telah memberikan semua kemampuannya. Memang kami tidak beruntung di pertandingan hari ini,” tegasnya.

Baca Juga: PSS Bertekad Persembahkan Kemenangan untuk Tutup Tahun 2023

3. Jalannya pertandingan

Penalti di Menit Akhir, Pemain PSS Kecewa dengan Keputusan WasitPertandingan tandang PSS Sleman kontra Persija di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat Sabtu (16/12/2023) (instagram.com/pssleman)

Sejak awal pertandingan, lini belakang PSS berhasil meredam serangan-serangan cepat Persija. Memasuki menit ke-21, Laskar Sembada melakukan serangan balik lewat umpan gelandang Jonathan Bustos ke arah Ajak Riak yang disambut dengan cut back oleh Elvis Kamsoba. Namun, sundulan Vizcarra masih melenceng dari sasaran.  

Menjelang akhir babak pertama, tendangan bebas untuk PSS mampu dimanfaatkan bek Thales Lira. Namun, pemain asal Brasil ini dianggap offside. Babak pertama berakhir dengan skor 0-0.

Pada babak kedua, PSS masih konsisten meredam serangan Persija. Pada menit ke-49, kesempatan tercipta lewat umpan Nyoman Ansanay ke Ajak yang diteruskan kepada Buston. Namun, tendangan Bustos masih bisa ditepis kiper Persija, Andritany.

Menggantikan Vizcarra, Todd Ferre memberi andil serangan bagi PSS. Umpannya ke Ajak Riak memberikan peluang, tetapi Andritany mampu menghalau tendangan Ajak.

Pada menit 90+2, Wasit Futoshi Nakamura memberikan keputusan kontroversial dengan memberi hadiah penalti bagi Persija. Thales Lira dianggap melanggar Marco Simic di kotak penalti. Kesempatan tersebut tak disia-siakan Ondrej Kudela. Persija menutup pertandingan dengan keunggulan 1-0.

Baca Juga: Manajemen PSS Minta Sleman Fans Taati Regulasi PT Liga Indonesia Baru

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya