Laga Kontra Arema Berlangsung Panas, PSS Kebobolan 2 Gol Penalti

Mihail mengaku kekalahan ini menjadi tanggung jawabnya

Sleman, IDN Times - PSS Sleman terpaksa menelan kekalahan saat bertandang melawan tuan rumah Arema FC pada laga pekan ke-14 BRI Liga 1 2023/24 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Sabtu (30/9/2023). 

Pertandingan yang berakhir dengan skor 2-1 untuk Arema ini berlangsung panas. Total terjadi 20 pelanggaran yang membuat pengadil lapangan mengeluarkan 12 kartu kuning dan 1 kartu merah sepanjang laga tersebut.

1. PSS dan Arema jual beli serangan

Laga Kontra Arema Berlangsung Panas, PSS Kebobolan 2 Gol PenaltiArema FC vs PSS Sleman di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Sabtu (30/9/2023). (instagram.com/pssleman)

Sejak menit awal, Singo Edan bermain agresif dengan menekan pertahanan skuad Super Elang Jawa. Penyerang Arema, Gustavo Almeida, nyaris menyarangkan gol ke gawang PSS pada menit ke-10. Kendati, tendangannya meleset tipis ke sisi kanan gawang.

Pada menit ke-43, Arema unggul setelah mendapat hadiah tendangan penalti usai bek tengah PSS, Thales Lira, dianggap handball. Skor 1-0 menutup babak pertama.

Setelah peluit tanda mulainya babak kedua dibunyikan, giliran PSS yang bermain menekan. Upaya penggawa Laskar Sembada pun membuahkan gol lewat sundulan Thales Lira pada menit ke-54 hasil umpan lambung Jonathan Bustos. Setelah kedudukan seimbang, kedua tim saling melakukan jual beli serangan.

Namun, PSS terpaksa bermain dengan 10 pemain usai Thales menerima kartu kuning kedua pada menit ke-66. Ia dianggap melakukan pelanggaran terhadap bek kiri Arema, Mikael Tata. 

PSS kembali memperoleh hukuman tendangan penalti usai gelandang bertahan PSS, Kevin Gomes dianggap melanggar penyerang Arema, Dendi Santoso. Gustavo berhasil mengeksekusi penalti tersebut pada menit ke-84. Skor 2-1 tak berubah hingga pertandingan berakhir.

2. Minta maaf kepada Sleman Fans

Laga Kontra Arema Berlangsung Panas, PSS Kebobolan 2 Gol PenaltiArema FC vs PSS Sleman di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Sabtu (30/9/2023). (instagram.com/pssleman)

Penyerang sayap PSS, Kei Sano, meminta maaf atas nama tim kepada Sleman Fans karena belum bisa menorehkan poin dalam pertandingan melawan Arema. 

“Saya mengucapkan permintaan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh pendukung PSS atas hasil ini. Saya mewakili para pemain meminta maaf karena belum bisa memenuhi harapan kalian,” ujarnya dalam sesi jumpa pers, Sabtu malam, dilansir laman resmi PSS.

“Bagi saya hasil di pertandingan ini sangat mengecewakan. Itulah sepak bola, apa saja bisa terjadi yang di luar perkiraan. Ke depannya, kami akan berusaha lebih keras lagi. Sekali lagi, saya ucapkan permohonan maaf kepada pendukung PSS atas kekalahan ini,” ungkapnya.

Baca Juga: Manajemen Inginkan Marian Mihail Tetap Melatih PSS Sleman 

3. Keluarnya Thales mengubah jalannya pertandingan

Laga Kontra Arema Berlangsung Panas, PSS Kebobolan 2 Gol PenaltiPelatih kepala PSS Sleman, Marian Mihail (pssleman.id)

Sementara, pelatih kepala PSS, Marian Mihail, mengatakan keluarnya Thales membuat ritme pertandingan berubah.

“Saya berkeyakinan, apabila Thales masih bermain di babak kedua, tim kami mampu bermain imbang bahkan bisa mendapatkan hasil yang lebih baik dengan meraih kemenangan di laga ini. Akan tetapi inilah sepak bola dan kita harus menerimanya,” ungkapnya.

“Dengah hasil pertandingan ini, saya sangat kecewa karena sebelum berangkat ke Bali kami telah berjanji kepada pendukung PSS untuk bermain ngotot dan memberikan kemenangan. Menurut saya, ada beberapa pemain yang tidak menepati janjinya,” tambah dia.

Namun, Mihail menyatakan dirinya tidak mau menyalahkan pemain. 

“Sebagai pemimpin teknis di tim ini, saya patut disalahkan karena yang memilih mereka untuk bermain. Bagaimana mereka bermain di lapangan itu menjadi tanggung jawab saya,” ujar dia.

“Saya juga kecewa beberapa pemain tidak menunjukkan gairah bermain untuk meraih kemenangan seperti yang dijanjikan kepada pendukung kami. Akan tetapi kami harus segera melupakan kekalahan ini untuk segera fokus menghadapi laga selanjutnya melawan Dewa United,” pungkasnya.

Baca Juga: Kapten PSS Sleman Optimistis Kalahkan Arema FC

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya