Profil Bertrand Crasson, Pelatih Baru PSS Sleman yang Gantikan Mihail

Crasson ditunjuk jadi juru taktik baru PSS

Menyisakan 2 laga di putaran pertama Liga 1 2023/2024, PSS Sleman justru melakukan perombakan di jajaran kepelatihan. Bertrand Crasson yang sebelumnya adalah asisten pelatih, secara resmi ditunjuk oleh manajemen Super Elja menjadi pelatih kepala menggantikan Marian Mihail.

Dilansir dari laman resmi PSS, Bertrand Crasson ditarget oleh manajemen untuk bisa membawa Laskar Sembada ke papan atas di lanjutan kompetisi Liga 1 musim ini. Apalagi pelatih asal Belgia berusia 52 tahun ini pun juga sudah memiliki lisensi kepelatihan UEFA Pro dan memiliki segudang pengalaman baik sebagai pemain dan pelatih.

Lantas siapakah sebenarnya Bertrand Crasson itu? Berikut adalah informasi lengkap eks pemain timnas Belgia tersebut.

 

1. Mengawali karier sebagai pesepak bola

Profil Bertrand Crasson, Pelatih Baru PSS Sleman yang Gantikan MihailBertrand Crasson (instagram.com/crassonbertrand)

Bertrand Crasson lahir di Brussel, Belgia pada 15 Oktober 1971. Lahir di salah satu kota sepakbola di Belgia, membuat kehidupan masa kecil hingga remaja dihabiskan untuk bermain sepakbola.

Sejak usia remaja ia sudah bisa bergabung dengan salah satu klub terkenal Liga Belanda, yakni RSC Anderlecht U-19 dan bermain sebagai center back. Dan saat usia 18 tahun ia sudah bisa menembus tim utama RSC Anderlecht. Ia pun menjadi bagian dari quattrick gelar RSC Anderlecht di Liga Belgia dari musim 1990-1994.

2. Pernah membela Napoli dan sukses besar di Liga Belgia

Profil Bertrand Crasson, Pelatih Baru PSS Sleman yang Gantikan MihailBertrand Crasson saat membela Napoli (instagram.com/crassonbertrand)

Setelah 5 musim berseragam RSC Anderlecht, bek berpostur 178 cm itu dipinang salah satu klub besar Serie A, Napoli, pada tahun 1996. Sayangnya, kariernya bersama I Partenopei kurang berkesan. Sebab di musim pertama ia hanya bisa membawa Napoli finish di peringkat ke-13 dan musim berikutnya justru terdegradasi.

Kurang beruntung berkiprah di Italia, membuat Bertrand Crasson kembali ke klub yang membesarkan namanya, RCS Anderlecht. Pilihannya untuk kembali tepat, karena ia kembali berhasil mempersembahkan 5 trofi bergengsi bagi timnya, mentas di Liga Champions dan mendapatkan 26 caps bersama Timnas Belgia.

Baca Juga: PSS Sleman Ganti Pelatih Utama, Terima Kasih Marian Mihail

3. Jalan tidak mudah menjadi pelatih

Profil Bertrand Crasson, Pelatih Baru PSS Sleman yang Gantikan MihailBertrand Crasson saat melatih PSS Sleman (instagram.com/crassonbertrand)

Sayangnya karier menterengnya sebagai pemain berbanding terbalik saat ia berkiprah sebagai juru taktik. Sebab sejak gantung sepatu pada tahun 2005 ia belum sekalipun menyumbang gelar bagi klub yang ia tukangi.

Bertrand Crasson pertama kali menjalani debut di dunia kepelatihan adalah di tahun 2018 sebagai kepala pelatih akademi klub Thailand BEC Tero Sasana. Setelahnya ia hijrah ke Liga Luxemburg dengan menangani klub F91 Dudelange dengan capaian terbaik adalah finish di peringkat 5 pada musim 2019/2020

Setelahnya ia kembali menjadi asisten pelatih di klub lainnya di Luxemburg, Hesperange pada musim 2021/2022. Kemudian setelahnya ia kembali ke Asia Tenggara dengan menjadi asisten pelatih PSS Sleman pada musim 2023/2024.

4. Ditarget bisa meningkatkan prestasi PSS Sleman di sisa musim kompetisi

Profil Bertrand Crasson, Pelatih Baru PSS Sleman yang Gantikan MihailBertrand Crasson (instagram.com/crassonbertrand)

Dalam 15 laga di Liga 1 2023/2024, Laskar Sembada masih tampil inkonsisten. Sebab, Jonathan Bustos dkk. hanya mampu meraih 4 kali kemenangan, 5 kali kalah dan 6 kali seri. Hasil tersebut membuat PSS Sleman sementara ini berada di peringkat 14 dan hanya berselisih 5 poin dari zona degradasi.

Torehan tersebut tentu menjadi PR yang tidak mudah bagi Bertrand Crasson. Terlebih oleh manajemen klub, ia ditarget untuk mengembalikan PSS Sleman ke papan atas klasemen di sisa kompetisi. 

Itulah informasi terkait profil Bertrand Crasson yang resmi menjadi nakhoda baru klub kebanggaan warga Sleman. Dengan segudang pengalamannya di dunia lapangan hijau, tentu publik Sleman berharap tinggi pada Bertrand Crasson agar bisa mengembalikan performa Super Elja musim ini.

Baca Juga: Manajemen Inginkan Marian Mihail Tetap Melatih PSS Sleman 

Candra Septian Bantara Photo Community Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya