TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Profil Phil Ofosu-Ayeh, Pencetak Gol Pertama PSS Musim ini

Ia pembuka keran gol PSS

Phil Ofosu-Ayeh (instagram.com/ofosuayeh17)

Intinya Sih...

  • PSS meraih kemenangan perdana di Liga 1 2024/2025 dengan skor 3-1 melawan Arema FC.
  • Phil Ofosu-Ayeh mencetak gol debutnya dan membuka keran gol buat klubnya setelah perjalanan karier yang menjanjikan di Eropa.
  • Phil mengaku senang bergabung dengan PSS dan menyebut budaya sepak bola Indonesia lebih bergairah daripada di Swedia.

Sleman, IDN Times - PSS akhirnya berhasil meraih kemenangan perdana di Liga 1 2024/2025 usai mempermalukan Arema FC dengan skor 3-1 di Stadion Manahan, Solo, Jumat (20/9/2024) sore.

Selain mengemas tiga poin pertamanya, pemain PSS juga pecah telur karena mampu menyarangkan golnya ke gawang lawan setelah pada lima laga awal cuma mendapat satu 'giveaway' gol bunuh diri.

Gol pertama pemain PSS di musim ini dicetak lewat aksi individu Phil Ofosu-Ayeh. Mengecoh dua bek lawan, Phil lantas melakukan tendangan terarah ke gawang Arema FC tanpa bisa ditangkap kiper Lucas Frigeri.

Phil yang baru didatangkan musim ini tak cuma membuat gol debut baginya, tapi juga membuka keran gol buat klubnya.

1. Pernah main di Wolverhampton Wanderers

Pemain sayap PSS Sleman, Phil Ofosu-Ayeh (instagram.com/pssleman)

Phil Ofosu-Ayeh berkebangsaan ganda yakni Ghana dan Jerman karena ayahnya orang Ghana, sementara ibunya berasal dari Jerman. Dikutip dari laman resmi PSS, Phil mengawali karier sepak bola profesional di Jerman dengan bergabung SV Wilhelmshaven Youth.

Ia kemudian bergabung dengan beberapa klub Eropa di luar Jerman. Yaitu, Wolverhampton Wanderers atau Wolves (Liga Inggris) dan Halmstads Bollklubb (Liga Swedia).

Di Wolves, pemain kelahiran 15 September 1991 ini bergabung pada musim 2017/2018, tetapi ia sempat dipinjam oleh dua klub asal Jerman yakni Hansa Rostock dan Würzburger Kickers pada masa itu. Kontraknya dengan Wolves berakhir pada musim 2020/2021, ia kemudian bermain untuk klub asal Swedia Halmstads Bollklubb.

2. Timnas senior Ghana

Catatan perjalanan karier Phil Ofosu-Ayeh memang cukup menjanjikan. Pemain bek kanan PSS ini juga pernah bergabung dengan timnas senior Ghana.

Pada 13 Oktober 2015, pemain 183 cm ini melakukan debut internasionalnya untuk Ghana, dalam pertandingan persahabatan melawan Kanada.

Baca Juga: Menang Lawan Arema FC, PSS Sleman Tinggalkan Posisi Juru Kunci

Verified Writer

Tunggul Kumoro Damarjati

...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya