TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Rans Nusantara Bermarkas di Yogyakarta, Pemain Asing Merasa Betah

Kiko rasakan perbedaan budaya

Pemain Rans Francisco Pereira Carneiro (ligaindonesiabaru.com)

Yogyakarta, IDN Times - Pemain asal Portugal Francisco Pereira Carneiro menjadi salah satu legiun asing yang merumput pertama kali di kompetisi BRI Liga 1.
Baru pertama kali berkarir di luar negeri dengan memperkuat RANS Nusantara FC, Kiko sapaan akrab Francisco Pereira Carneiro merasakan kehangatan Kota Yogyakarta yang menjadi home base klubnya. Menurutnya selama beradaptasi di Kota Gudeg berjalan lancar tanpa ada hambatan berarti.

“Proses adaptasi di Indonesia berlangsung mudah dan cepat, meskipun budaya yang saya rasakan di Indonesia dan khususnya di Yogyakarta, sangat berbeda dari yang biasa saya alami,” kata Kiko, dikutip laman resmi Liga Indonesia Baru, Senin (19/2/2024). 

Selama bergabung dengan RANS Nusantara, dia sudah bermain sebanyak 21 kali dengan 1 gol, 27 kali tackles, 86 interceptions dan 57 clearances.

 

1. Jalani kehidupan sederhana

Tugu Yogyakarta (jauzax/Unsplash)

Kiko menjelaskan selama di Yogyakarta merasakan kehidupan sederhana. Ia menikmati Kota Gudeg dan jarang mengalami stres. Hal ini juga didukung dengan cuaca yang terbilang bagus.

“Masyarakat di sini sangat sederhana, mereka orang yang humble dan terlihat sangat bahagia menjalani kehidupan sehari-hari. Lalu soal lifestyle tidak jauh berbeda, saya jarang mengalami stres dan cuacanya juga selalu bagus,” ujarnya.

2. Ada perbedaan budaya yang dirasakan

Pemain Rans Francisco Pereira Carneiro (ligaindonesiabaru.com)

Menurut Kiko, meski adaptasi berjalan mudah, ia merasa ada beberapa perbedaan budaya di Yogyakarta dengan kampung halamannya di Porto, Portugal.

“Perbedaan budaya sangat besar, seperti agama. Di kota saya dan di Portugal, tidak ada budaya jajanan kaki lima seperti di Indonesia dan ini menjadi perbedaan yang besar,” kata pemain bernomor punggung 26 itu.

Baca Juga: Akhirnya, Jihad Ayoub Berlatih kembali Bersama Tim PSS Sleman

Berita Terkini Lainnya