PSS Bakal Main Habis-habisan Vs Persib Demi Bertahan di Liga 1

Wajib menang dan berharap Persib main santai

Intinya Sih...

  • Pelatih PSS Sleman, Risto Vidakovic, meminta anak asuhnya bermain habis-habisan melawan Persib Bandung untuk lolos dari jurang degradasi.
  • Risto berharap Persib main santai karena sudah pasti sebagai runner up kompetisi, namun PSS tetap harus memberikan yang terbaik.
  • PSS dipastikan bertahan di Liga 1 apabila mereka mampu menang lawan Persib besok, namun masih bisa selamat dengan hasil imbang dan syarat lainnya.

Sleman, IDN Times - Pelatih PSS Sleman, Risto Vidakovic, meminta anak asuhnya bermain habis-habisan melawan Persib Bandung pada laga penutup Liga 1 2023/2024 di Stadion Manahan, Solo, Selasa (30/4/2024) sore. PSS wajib menang melawan Persib untuk benar-benar memastikan lolos dari jurang degradasi dan mengamankan jatah Liga 1 musim depan.

"Saya pikir degradasi menjadi pembeda dengan kondisi kedua tim. Jadi saya pikir itu akan menentukan besok yaitu motivasi. Kami harus menunjukkan ke mereka bahwa kami berjuang untuk hidup kita," kata Risto, Senin (29/4/2024).

1. Harap Maung Bandung main santai

PSS Bakal Main Habis-habisan Vs Persib Demi Bertahan di Liga 1Risto Vidakovic, pelatih kepala PSS Sleman (pssleman.id)

Risto menilai Persib sebagai tim tangguh di bawah kepelatihan Bojan Hodak dengan memastikan posisi sebagai runner up kompetisi.

Di saat Borneo FC sudah mengunci juara liga dan posisi klasemen yang sudah tak mungkin terkejar Bali United, Risto berharap Persib bakal bermain santai melawan PSS yang masih berjuang untuk selamat dari jurang degradasi.

"Saya harap mereka datang di sini untuk sedikit bersantai karena mereka tidak memiliki apapun di pertandingan besok. Mereka hanya butuh memainkan pertandingan di sini bersama kita. Sedangkan kita bermain untuk hidup kita," harapnya.

2. Rekor buruk jumpa Persib

PSS Bakal Main Habis-habisan Vs Persib Demi Bertahan di Liga 1Aksi pemain Persib Bandung saat berhadapan dengan Bhayangkara FC di Liga 1 2023/24. (Instagram/persib)

Bagaimanapun, PSS tetap dibayangi rekor buruk menghadapi Persib, di mana pada lima laga terakhir skuad Super Elang Jawa hanya menang sekali dan sisanya berakhir dengan kekalahan.

Terlepas dari kondisi skuad saat ini, Risto menekankan PSS tak punya pilihan lain selain memberikan yang terbaik demi eksistensi di Liga 1.

"Semua pemain sudah sadar, kami menentukan masa depan klub ini.  Tidak penting siapa yang akan bermain besok saya pikir seluruh pemain akan memberikan 100 persen dan apa yang mereka punya untuk mencapai tujuan kita," pungkasnya.

Baca Juga: Takluk dari Dewa United, Risto Optmistis PSS Bisa Bertahan di Liga 1

3. Syarat PSS bertahan di Liga 1

PSS Bakal Main Habis-habisan Vs Persib Demi Bertahan di Liga 1Para Pemain PSS Sleman (Instagram/jonathanezequielbustos94)

Hingga pekan terakhir Liga 1 2023/2024, ada empat tim yang masih berjuang lolos dari jurang degradasi. Mereka adalah Arema FC di posisi ke-13 dengan 37 poin; PSS dan Persita di posisi 14 dan 15 dengan raihan 36 poin; dan terakhir RANS Nusantara di posisi 16 yang mengoleksi 35 poin.

PSS dipastikan bertahan di Liga 1 apabila mereka mampu menang lawan Persib besok. PSS juga masih bisa selamat ketika laga lawan Persib nanti berakhir imbang, dengan syarat RANS Nusantara imbang atau kalah dari PSM Makassar.

Namun, jika laga tersebut berakhir dengan skor imbang, PSS masih punya kesempatan untuk lolos dari degradasi. Syaratnya, RANS Nusantara kalah atau imbang dari PSM Makassar di laga lainnya.

Apabila kalah dari Persib, maka PSS harus menggantungkan nasibnya kepada RANS Nusantara dan Persita. Jika kedua klub itu juga takluk di laga terakhir mereka, Kim Kurniawan cs masih bisa berlaga di Liga 1 musim depan.

Baca Juga: FIFA Sanksi PSS Sleman Registration Ban 3 Periode Bursa Transfer

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya