Borong 222 Medali, Bantul Juara Umum Popda DIY 2022

Bantul tujuh kali berturut-turut jadi juara umum

Bantul, IDN Times - Para atlet dari Kabupaten Bantul berhasil meraih total 222 medali dalam Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) 2022. Atas hasil tersebut, kontingen Bantul dinobatkan sebagai juara umum dalam ajang yang berlangsung pada 14--18 Maret 2022 tersebut.

Baca Juga: Kasus COVID-19 di Bantul Turun, Tarawih Bisa Lebih Nyaman

1. Wakil Bupati Bantul mengucapkan selamat

Borong 222 Medali, Bantul Juara Umum Popda DIY 2022Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo. (IDN Times/Daruwaskita)

Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo, turut mengapresiasi prestasi kontingen pelajar yang telah mengharumkan nama Bumi Projotamansari.

"Selamat untuk kontingen Popda Bantul, kami sangat apresiasi kepada seluruh atlet, ofisial, dan juga para guru pendamping yang telah berjuang sedemikian rupa untuk bendera 'Bantul Bumi Projotamansari'," ujar Joko di Bantul, Senin (21/3/2022) dilansir Antara

2. Juara umum tujuh kali berturut-turut

Borong 222 Medali, Bantul Juara Umum Popda DIY 2022Kontingen Kabupaten Bantul juara umum Popda DIY 2022. (Dok. Humas Pemkab Bantul)

Lebih lanjut, dengan gelar juara umum yang diraih pada Popda tahun ini, kata Joko, artinya Bantul telah menjadi juara umum selama tujuh tahun berturut-turut. Kendati, tahun 2021 ajang ini ditiadakan akibat pandemik COVID-19.

"Pada 2022 ini kita mencapai tujuh kali berturut-turut menjadi juara umum popda, Kabupaten Bantul sangat luar biasa dan target perolehan medali kita kemarin melebihi target emas yang lebih dari 82 medali emas," ucapnya.

3. Diharapkan pertahankan prestasi

Borong 222 Medali, Bantul Juara Umum Popda DIY 2022Kontingen Kabupaten Bantul juara umum Popda DIY 2022. (Dok. Humas Pemkab Bantul)

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Bantul, Isdarmoko, mengatakan ada 29 cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Popda DIY 2022. Dari 29 cabor tersebut, kontingen Bantul meraih 92 medali emas, 62 medali perak, dan 68 medali perunggu.

Sedangkan untuk peringkat dua dan seterusnya, kata dia, berturut-turut diraih oleh kontingen Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Kabupaten Kulon Progo, dan Kabupaten Gunungkidul.

Isdarmoko berharap, hasil ini memacu atlet pelajar Bantul untuk giat berlatih agar dapat mempertahankan bahkan meningkatkan prestasi hingga di tingkat nasional.

"Kita beri motivasi dan dukungan penuh kepada atlet-atlet muda Bantul untuk terus giat berlatih, sehingga prestasi ini tidak hanya berhenti pada pelaksanaan Popda DIY Tahun 2022, namun lebih daripada itu dapat menancapkan prestasi pada tingkat nasional bahkan internasional," pungkasnya.

Baca Juga: Bantul Penyumbang Tertinggi Bawang Merah dan Cabai di DI Yogyakarta   

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya