Juarai Porda DIY 2022, Sleman Cetak Hattrick Juara Umum

Sleman raih juara umum tiga kali berturut-turut

Sleman, IDN Times - Kabupaten Sleman dipastikan menjuarai Pekan Olahraga Daerah (Porda) XVI Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) 2022. Dengan torehan juara ini, Kabupaten Sleman menjadi juara umum tiga kali berturut-turut.

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa mengatakan sampai hari terakhir penyelenggaraan Porda DIY, Jumat (9/9/2022), Kabupaten Sleman hampir dipastikan menjadi juara umum Porda XVI.

"Berdasar catatan perolehan medali, sudah sulit untuk terkejar," ucap Danang, saat konferensi pers di Pendopo Parasamya, Jumat (9/9/2022) siang.

Adapun berdasar data Jumat (9/9/2022) pukul 08.00 WIB, Kabupaten Sleman memperoleh 162 emas, 157 perak, dan 152 perunggu. Perolehan tersebut masih mungkin bertambah, karena dua cabang olahraga (cabor) dari Sleman masuk ke final pada hari terakhir penyelenggaraan.

1. Sembada hattrick lagi

Juarai Porda DIY 2022, Sleman Cetak Hattrick Juara UmumWakil Bupati Sleman, Danang Maharsa. (IDN Times/Herlambang Jati)

Dikatakan Danang dari dua cabor yang tersisa yaitu panjat tebing dan aeromodelling, diharapkan juga mendapat hasil yang maksimal. Ia bersyukur atas capaian para atlet dari Sleman. Danang juga mengucapkan terima kasih atas perjuangan para atlet yang telah memberikan yang terbaik.

“Sleman, Sembada hattrick lagi. Kami mengucapkan terima kasih atas perjuangan para atlet, termasuk para pelatih, dan semua pihak yang telah mendukung. Rasa bangga bagi kami, selaku tuan rumah juga,” ucap Danang.

Baca Juga: Penutupan Porda DIY Dipastikan Tak Rusak Rumput Stadion Maguwoharjo

2. Bonus telah disiapkan

Juarai Porda DIY 2022, Sleman Cetak Hattrick Juara UmumIlustrasi uang (IDN Times/Arief Rahmat)

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sleman, Agung Armawanta mengatakan bonus untuk para atlet telah disiapkan. Meski begitu, Agung belum bisa menyampaikan secara detail berapa bonus yang akan diberikan untuk perjuangan para atlet ini.

Ia menyebut anggaran sudah ada di Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Dispora Sleman, dan akan disalurkan lewat hibah. “Jelas bertambah besarannya dari tahun sebelumnya, masih menunggu tapi. Pada prinsipnya sudah siap. Angka awal meningkat dari sebelumnya. Misal emas, kemarin Rp15 juta, sudah dinaikkan,” ucap Agung.

Agung juga menyebut pembinaan untuk para atlet juga akan terus dilakukan. Potensi bibit atlet yang ada di Sleman akan dimaksimalkan. “Telah sepakat akan lebih banyak mendayagunakan dari bibit Sleman,” ucapnya.

3. Closing ceremony disiapkan

Juarai Porda DIY 2022, Sleman Cetak Hattrick Juara UmumFoto Stadion Maguwoharjo (instagram.com/stadion_maguwoharjo)

Sebagai tuan rumah, Kabupaten Sleman juga telah menyiapkan acara penutupan Porda XVI DIY, di Stadion Maguwoharjo, Jumat (9/9/2022) malam. Ribuan warga di sekitar stadion juga diundang untuk datang pada penutupan Porda XVI DIY.

Akan ada prosesi estafet obor ke Kabupaten Gunungkidul. Kemudian ada penyerahan piala juara umum juga. Selain itu, hiburan musik akan memeriahkan gelaran olahraga dua tahunan ini.

Baca Juga: Elang Jawa Jadi Maskot Porda dan Peparda DIY 2022 di Sleman

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya