Pembalap Gunungkidul Kibarkan Merah Putih di IATC Qatar 2022

Seri Kedua IATC akan digelar di sirkuit Mandalika NTB

Kota Yogyakarta, IDN Times - ‎Pembalap muda Indonesia binaan PT Astra Honda Motor (AHM), Veda Ega Pratama (13), berhasil mengibarkan bendera Merah Putih melalui raihan podium ketiga dalam ajang balapan putaran kedua seri perdana ajang balap Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) yang digelar di Lusail Internasional Circuit Qatar pada Minggu (6/3/2022) kemarin.

Baca Juga: Balapan Harus Sering Digelar di Mandalika, Belajar dari Malaysia 

1. Veda Ega naik podium usai finis di urutan ketiga di seri perdana ajang balap IATC 2022‎

Pembalap Gunungkidul Kibarkan Merah Putih di IATC Qatar 2022Veda Ega naik podium usai finish diurutan ketiga di seri perdana ajang balap IATC Qatar 2022‎. (dok. AHM)

Pembalap asal Kapanewon Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, ini juga tercatat sebagai pembalap usia termuda pada ajang balap IATC 2022. Namun, hal ini tak menyurutkan semangatnya untuk menorehkan hasil yang terbaik.

Memulai balapan di posisi ke tujuh, remaja 13 tahun ini bersaing dengan pembalap asal Jepang, Amon Odaki dan Shinya Ezawa. Penampilan Veda yang fokus dan konsisten akhirnya berbuah podium setelah ia berhasil menerobos garis finis di posisi ketiga.

"Sungguh balapan yang luar biasa. Belajar dari race pertama, saya berusaha tenang agar tetap berada di barisan terdepan. Saya sangat senang meraih podium pada race kedua ini. Terima kasih kepada PT Astra Honda Indonesia, keluarga serta pencinta balap di tanah air. Semoga modal podium uni menjadi awal yang baik untuk semakin memotivasi saya untuk tampil lebih baik pada putaran berikutnya," kata Vega dalam siaran pers yang diterima oleh IDN Times pada Minggu malam.

2. Sudah berusaha maksimal, pembalap Reykat gagal naik podium‎

Pembalap Gunungkidul Kibarkan Merah Putih di IATC Qatar 2022Ajang balap seri perdana IATC Qatar 2022. (dok. AHM)

‎Rekan satu tim Veda, Reykat Yusuf Fadillah, juga menghadapi balapan yang sangat sengit selama race berlangsung. Persaingan sangat rapat pada race kali ini.

"Saya sudah berusaha secara maksimal dengan kemampuan yang saya miliki. Namun itu belum cukup membawa saya naik ke podium. Namun demikian saya mendapatkan pemahaman yang lebih baik dengan N5F250R. Saya akan berusaha lebih baik pada race berikutnya," terangnya.

3. Menjadi modal untuk seri kedua IATC 2022 yang digelar di Sirkuit Mandalika NTB‎

Pembalap Gunungkidul Kibarkan Merah Putih di IATC Qatar 2022Foto udara tikungan ke 5 dan tikungan ke 6 lintasan Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Minggu (15/8/2021). (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Sementara itu GM Marketing Planning and Analysis Division AHM, Andy Wijaya, mengatakan perjuangan Veda Ega Pratama dan para pembalap muda Indonesia untuk memberi kebanggaan bagi bangsa telah menjadi inspirasi bagi pemuda di tanah air.

"Raihan podium ketiga pada ajang IATC merupakan awal yang baik. Kami berharap capaian ini dapat menginspirasi para pembalap muda Indonesia untuk terus optimis dalam upaya mengharuskan nama bangsa pada putaran selanjutnya di ajang IATC 2022, sekaligus memberikan semangat juang dalam mewujudkan mimpi hingga jenang balap tertinggi MotoGP," ujarnya.

Seri pertama IATC 2022 dihelat sebanyak dua putaran pada hari Sabtu (5/3/2022) untuk putaran pertama dan Minggu (6/3/2022) untuk putaran kedua. Pada putaran pertama Reykat dan M Diandra Trihardika berhasil menyelesaikan 14 lap dengan masing-masing finish diurutan ke delapan dan ke 10. Sementara Veda Ega dan Aan Riswanto gagal finis pada putaran pertama karena terjatuh.

Seri kedua IATC 2022 akan diselenggarakan di Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit (Indonesia). Diikuti oleh 20 pembalap muda hasil seleksi ketat dari seluruh negara di Asia. Lulusan ajang ini ditempa untuk mendapatkan pengalaman berkompetisi lebih kompeherensif dan siap melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.‎

Baca Juga: Jelang Porda DIY 2022, KONI Sleman: Persiapan Sudah 50 Persen

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya