Comscore Tracker

Terjadi Malam Ini, 5 Fakta Supermoon Terbesar Tahun 2020

Mumpung di rumah saja, bisa lihat purnama perige

Selasa malam ini (7/4) hingga Rabu (8/4) dini hari ini nanti menjadi sebuah momen di mana kamu bisa melihat Bulan dengan ukuran yang lebih besar dan cahaya yang lebih terang dari biasanya.

Fenomena ini disebut dengan supermoon yang hanya terjadi 3 kali dalam setahun. Malam ini pun menjadi supermoon terbesar pada tahun 2020. Sebelum melihat supermoon ini, kamu wajib tahu fakta-fakta supermoon agar tidak melewatkan keindahan Bulan malam ini.

1. Supermoon disebut juga dengan purnama perige

Terjadi Malam Ini, 5 Fakta Supermoon Terbesar Tahun 2020Pexels/Juhasz Imre

Bulan mengorbit Bumi dengan lintasan berbentuk elips dan akan memiliki jarak yang paling dekat dengan Bumi dan jarak paling jauh dari Bumi. Jarak paling dekat ini akan memunculkan supermoon atau yang disebut dengan perige. Sedangkan jarak yang paling jauh akan memunculkan minimoon atau disebut apoge.

Malam ini Bulan sedang berada di titik terdekatnya (perige) sehingga kamu akan melihat ukuran Bulan yang jauh lebih besar dan cahaya yang jauh lebih terang dari yang biasanya kamu lihat.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui postingannya di Twitter, supermoon yang terjadi malam ini akan memperlihatkan Bulan yang memiliki ukuran 14 persen lebih besar dan 30 persen cahaya lebih terang dari biasanya, sehingga jangan sampai kamu melewatkan kesempatan langka ini.

2. Akan terlihat paling besar pada dini hari nanti

Terjadi Malam Ini, 5 Fakta Supermoon Terbesar Tahun 2020Pexels/Tom Fisk

Meskipun malam ini kamu melihat Bulan sudah mulai muncul dengan bentuknya yang bulat sempurna, namun menurut BMKG kamu masih akan melihat Bulan dengan bentuk yang lebih besar dan cahaya yang lebih terang lagi tepatnya pada Rabu (8/4) dini hari nanti pada pukul 01:08 WIB. Pada waktu inilah Bulan berada di titik perige dengan jarak Bulan dengan Bumi hanya 356.910 km, berbanding jauh dengan saat Bulan berada di titik terjauhnya (apoge) yaitu di 406.166 km dari Bumi.

BMKG juga menjelaskan bahwa 8 jam 27 menit kemudian Bulan pun berada pada fase purnama yaitu tepatnya pada pukul 9:34 WIB.

Baca Juga: 7 Fakta Unik Seputar Antarktika, Benua yang Penuh Misteri

3. Tahun ini terjadi supermoon sebanyak 3 kali

Terjadi Malam Ini, 5 Fakta Supermoon Terbesar Tahun 2020Pexels/samer daboul

Ternyata tak hanya malam ini saja, namun supermoon terjadi 3 kali di tahun 2020 ini. Selain yang bakal terjadi malam ini, dua supermoon lainnya terjadi pada 10 Maret lalu dan 7 Mei 2020 nanti. Namun menurut BMKG, supermoon malam ini adalah supermoon yang ukurannya paling besar dibanding supermoon lainnya pada tahun ini sehingga malam ini adalah puncaknya supermoon di tahun ini. Sayang banget bukan, kalau sampai dilewatkan?

4. Setelah siklus supermoon selesai maka akan terjadi minimoon

Terjadi Malam Ini, 5 Fakta Supermoon Terbesar Tahun 2020Pexels/Min An

Minimoon atau apoge, yaitu jarak terjauh Bulan dengan Bumi juga terjadi 3 kali dalam setahun. Setelah siklus perige yang dekat dengan Bumi, Bulan akan kembali menampakkan dirinya pada posisinya paling jauh dari Bumi tepatnya pada tanggal 2 Oktober, 31 Oktober, dan 30 November 2020 nanti.

5. BMKG himbau menonton supermoon dari rumah saja

Terjadi Malam Ini, 5 Fakta Supermoon Terbesar Tahun 2020twitter.com/infoBMKG

Meskipun supermoon ini menarik untuk dilihat, namun BMKG tetap menghimbau untuk menonton supermoon dari rumah saja mengingat kita masih menjalani anjuran pemerintah untuk melakukan physical distancing. BMKG pun menambahkah tagar #LihatSupermoondariRumah bagi yang penasaran dengan supermoon malam ini.

Kamu sudah siap menonton supermoon malam ini? Semoga cuaca tidak mendung ya, agar bisa melihat indahnya Bulan dengan jelas.

Baca Juga: Ketam Kenari, Petunjuk Hilangnya Pilot Amelia Earhart Selama 80 Tahun

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya