Comscore Tracker

7 Fakta Unik Seputar Antarktika, Benua yang Penuh Misteri

Benua ini gak punya zona waktu, lho!

Antarktika merupakan benua es yang penuh misteri. Memiliki luas mencapai 14 juta kilometer persegi, benua ini belum genap dijelajahi. Tak heran jika peneliti dan ilmuwan kerap menemukan hal-hal unik dan aneh di kawasan kutub Selatan itu.

Dengan kondisi lingkungan yang tergolong ekstrem, masih banyak misteri yang belum terungkap dari Antarktika. Berikut beberapa fakta unik seputar benua es ini.

1. Suhunya terdingin mencapai -97,8°C

7 Fakta Unik Seputar Antarktika, Benua yang Penuh Mistericlimatecentral.org

Benua ini memang selalu diselimuti oleh es dan salju. Dilansir dari forbes.com, sebuah penemuan yang diterbitkan lewat jurnal Geophysical Research Letters menyebut suhu terdingin yang pernah tercatat di benua itu adalah -97,8°C. Suhu dicatat menggunakan pengukuran satelit di tengah Antartika selama musim dingin di mana matahari tidak pernah naik.

Pada suhu itu, hanya beberapa kali bernapas di udara akan menyebabkan pendarahan di paru-paru kamu dan dengan cepat menyebabkan kematian. Manusia normal tidak akan kuat hidup pada kondisi ekstrem tersebut.

2. Ditemukan Air Terjun "Darah"

7 Fakta Unik Seputar Antarktika, Benua yang Penuh Misteriforbes.com

Terdengar sangat menyeramkan bukan? Seolah-olah Air Terjun "Darah" muncul akibat monster mengerikan yang membantai makhluk hidup di sana. Padahal, ada penjelasan ilmiah mengenai peristiwa alam ini.

Penelitian oleh University of Alaska Fairbanks menyebut warna "darah" tersebut berasal dari Gletser Taylor. Pewarnaan merah tua disebabkan oleh besi yang teroksidasi dalam air asin air garam (mirip dengan proses warna karat pada besi). Jadi pada intinya, itu bukanlah darah sungguhan, ya!

3. Memiliki lembah paling kering di dunia

7 Fakta Unik Seputar Antarktika, Benua yang Penuh Misteriscottafar.com

Siapa sangka tempat seperti Antarktika mempunyai lembah yang sangat kering, bahkan seperti gurun? Namun, jangan kamu berpikir gurun adalah hamparan padang pasir, gurun di Antarktika disebut sebagai Lembah Kering McMurdo. Daerah ini sangat kering dan berangin, dengan curah hujan hanya 50 mm per tahun. 

Baca Juga: Jangan Lewatkan 7 Peristiwa Langit Terbaik di Bulan Februari 

4. Tidak ada zona waktu

7 Fakta Unik Seputar Antarktika, Benua yang Penuh Misterinotta.news

Garis bujur bumi bertemu di Antarktika yang secara geografis Kutub Selatan. Secara teori Antarktika dapat menggunakan zona waktu mana pun yang ada di seluruh dunia, dilansir dari timeanddate.com

5. Tidak ada reptil di Antarktika

7 Fakta Unik Seputar Antarktika, Benua yang Penuh Misterilivescience.com/

Tak banyak jenis hewan yang dapat kamu jumpai di Antarktika. Di sana hanya terdapat hewan seperti penguin, paus, anjing laut, dan burung albatros. Menurut kidzone.ws, reptil tidak dapat bertahan pada ekosistem kutub karena mereka harus menghangatkan diri yang tentunya sangat sulit didapatkan di daerah Antarktika.

6. Jarang terjadi hujan di Antarktika

7 Fakta Unik Seputar Antarktika, Benua yang Penuh Misterinasa.gov

Hujan sangat jarang terjadi di Antarktika. Definisi hujan yang dimaksud di sini adalah hujan air. Hal ini sukar untuk tercipta karena daerah Antartika tak selalu terkena sinar matahari. Kurangnya cahaya matahari menyulitkan terjadinya penguapan yang merupakan salah satu siklus hujan.

7. Tidak ada penduduk tetap di Antarktika

7 Fakta Unik Seputar Antarktika, Benua yang Penuh MisteriPixabay.com/Edu_Ruiz

Orang-orang yang bepergian atau tinggal di Antarktika terbagi dalam dua kelompok utama, yaitu para pekerja (di stasiun, pangkalan militer, serta laboratorium penelitian ilmiah) dan juga turis. Tidak ada yang tinggal menetap di Antarktika. Antarktika pun tidak memiliki industri komersial, kota, maupun penduduk permanen, dilansir dari coolantarctica.com.

Benua Antarktika memang sungguh unik dan mencengangkan. Apa kamu juga punya cita-cita menginjakkan kaki ke sana?

Baca Juga: 11 Hal Mencengangkan Ini Pernah Ditemukan Membeku di Dalam Lapisan Es

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya