Comscore Tracker

Ketam Kenari, Petunjuk Hilangnya Pilot Amelia Earhart Selama 80 Tahun

Pilot wanita ini hilang saat melakukan misi keliling dunia

Amelia Earhart adalah pilot wanita kenamaan asal Amerika Serikat dengan segudang prestasi. Ia menjadi perempuan pertama yang melintasi Samudra Atlantik sendirian.

Namun, dia bersama navigatornya, Fred Noonan, menghilang tanpa jejak saat melakukan misi keliling dunia dengan pesawat Lockheed Electra 10E pada 2 Juli 1937. Kontak terakhir menunjukkan bahwa Amelia hilang di sekitar Pulau Nikumaroro, Kiribati. Jasad maupun pesawatnya tak pernah ditemukan.

Setelah 80 tahun, para ilmuwan dari National Geographic yang berusaha menemukan jasad atau kerangka Amelia berpendapat bahwa jasadnya telah diurai oleh ketam kenari atau coconut crab (Birgus latro).

Penelitian mengungkapkan bahwa banyak sekali populasi kepiting kelapa yang tinggal di Pulau Nikumaroro. Berikut fakta seputar ketam kenari hasil penemuan para ahli.

1. Spesies Arthropoda terbesar di dunia

https://www.youtube.com/embed/JCkNSWz-IDc

Ketam kenari merupakan spesies kepiting terbesar di dunia. Krustasea ini diperkirakan dapat tumbuh hingga 1 m dengan berat lebih dari 4 kg. Ilmuwan memperingatkan untuk waspada dengan capit kepiting ini sebab kekuatan capit mereka lebih besar daripada gigitan sebagian besar hewan di darat.

2. Kemampuan bertahan hidup dan habitat

Ketam Kenari, Petunjuk Hilangnya Pilot Amelia Earhart Selama 80 Tahunkids.sandiegozoo.org

Para ahli memperkirakan bahwa kepiting kelapa mampu bertahan hidup hingga 120 tahun lamanya. Kepiting biasanya ditemukan di kepulauan sekitar Samudra Hindia dan termasuk juga pulau-pulau di sekitar Samudra Pasifik.

Di Indonesia, ketam kenari yang tersebar di berbagai wilayah, seperti Nusa Tenggara, Maluku, Papua, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, dan Kalimantan. Sayangnya, di Indonesia, kepiting ini termasuk ke dalam spesies langka yang terancam punah.

Telur kepiting ini menetas di lautan dan larvanya mengapung di laut hingga 28 hari.

3. Predator di malam hari

https://www.youtube.com/embed/xYHfaQ4PYPY

John Clauss, anggota dari International Group for Historic Aircraft Recovery (TIGHAR) mengatakan bahwa spesies kepiting ini akan berburu di malam hari. Ada ribuan ketam kenari yang akan menginvasi wilayah pesisir pantai atau masuk ke dalam hutan di Pulau Nikumaroro untuk mencari mangsa.

Baca Juga: 10 Hewan yang Punya Motif Unik di Tubuh Mereka, Ada yang Bentuk Hati!

4. Mampu menangkap burung di atas pohon

https://www.youtube.com/embed/U0Nfu7iR7lc

Mark Laidre, seorang ahli biologi dari Dartmouth College mengatakan bahwa ketam kenari memiliki kemampuan untuk memangsa seekor burung di atas pohon.

Perlahan kepiting ini akan memanjat pohon dan meraih sayap burung dengan capit raksasanya. Tidak hanya itu, kepiting ini juga akan mematahkan dan menghancurkan sayap burung tersebut sehingga tidak mampu lagi untuk terbang. Inilah akhir dari perlawanan seekor burung yang menjadi mangsa ketam kenari.    

5. Hipotesis hilangnya kerangka Amelia Earhart

Ketam Kenari, Petunjuk Hilangnya Pilot Amelia Earhart Selama 80 Tahunnypost.com

Setelah hilang kontak, Amelia diduga mengalami luka-luka akibat kegagalan fungsi pesawat, namun masih dapat bertahan dan tiba di Pulau Nikumaroro. Karena keterbatasan pasokan makanan dan obat-obatan, diduga Amelia perlahan mengalami kematian.

Jasad Amelia kemudian menjadi mangsa ketam kenari. Teori lain mengatakan bahwa Amelia menjadi mangsa kepiting kelapa ketika tiba di pulau tersebut.

Para ahli menemukan sisa-sisa kerangka manusia yang ditemukan di Pulau Nikumaroro yang dianalisis di Fiji. Kerangka ini kemudian dikonfirmasi sebagai kerangka Amelia Earhart.

6. Mampu mengurai kerangka

https://www.youtube.com/embed/dXJmE5yANe8

Kerangka Amelia diduga telah dimakan oleh ketam kelapa dan diurai menjadi potongan yang lebih kecil yang disebar ke beberapa sisi Pulau Nikumaroro. Untuk membuktikan hal tersebut para ahli dari National Geographic melakukan penelitian dengan menggunakan bangkai seekor babi.

Hasilnya membuktikan secara perlahan bahwa sekelompok ketam kenari memakan bangkai tersebut dan memotong tulangnya menjadi bagian kecil. Tulang-tulang ini kemudian disebar untuk dimakan di tempat persembunyian mereka.

Itu dia fakta seputar ketam kenari dan hubungannya dalam misteri hilangnya pilot Amelia Earhart. Kamu pernah lihat kepiting ini?

Baca Juga: 5 Fakta Unik Mongoose, Hewan Lucu yang Paling Ditakuti Ular

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Satria Muhammad Nur Lase di IDN Times Community dengan judul Kepiting Raksasa di Balik Misteri Hilangnya Pilot Amelia Earhart

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya