Pelabuhan Wisata di Gunungkidul Kelar 2024, Sumbang 5 Ribu Ton Ikan

PPI Pantai Gesing sedang dalam tahap uji coba

Yogyakarta, IDN Times - Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Pantai Gesing, di Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, bakal diresmikan tahun 2024 mendatang.

Pelabuhan ikan terbesar kedua di Gunungkidul itu kini sedang dalam tahap uji coba pengoperasian oleh Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

1. Masih butuh pengerukan

Pelabuhan Wisata di Gunungkidul Kelar 2024, Sumbang 5 Ribu Ton IkanPelabuhan Pantai Gesing Gunungkidul (Google Maps/Hari Fitriyanto)

Kepala DKP DIY, Bayu Mukti Sasongka, mengatakan uji coba sebelum peresmian ini pada tahap awalnya dilakukan dengan menerjunkan dua hingga tiga kapal nelayan guna mengecek kelayakan kedalaman kolam.

Hasilnya, masih ditemukan beberapa titik pada kolam pelabuhan yang harus dikeruk lantaran masih didapati sisa-sisa peledakan (blasting) batuan keras pada area kolam.

"Sisa-sisa blasting yang terkena gelombang dan terbawa arus ke kolam pelabuhan," kata Bayu saat dihubungi, Senin (20/11/2023).

2. Tourism fishing port yang mampu tampung 40 kapal

Pelabuhan Wisata di Gunungkidul Kelar 2024, Sumbang 5 Ribu Ton IkanPelabuhan Pantai Gesing Gunungkidul (Google Maps/Rinto 0307)

Kendati, Bayu optimistis peresmian PPI Pantai Gesing bisa terlaksana sesuai jadwal yakni pada triwulan pertama tahun depan. Menurutnya, pelabuhan ini diproyeksikan menjadi tourism fishing port atau pelabuhan perikanan berbasis pariwisata ketika resmi beroperasi nanti.

Pelabuhan ini akan mampu menampung setidaknya 40 unit kapal berkapasitas 10 hingga 30 grosston (GT), serta kapal motor tempel sampai sebanyak 100 unit.

"Kalau itu (uji coba) nanti sudah bagus, tidak ada masalah baru kami luncurkan," imbuh Bayu.

Baca Juga: Jumlah Tempat Wisata Baru di Gunungkidul Bertambah, Yuk Piknik!

3. Sumbang 5 ribu ton ikan per tahun

Pelabuhan Wisata di Gunungkidul Kelar 2024, Sumbang 5 Ribu Ton IkanPantai Gesing (Instagram.com/rhiearawijaya)

Terpisah, Kepala Bidang Perikanan Tangkap DKP DIY Catur Nur Amin yakin pelabuhan Pantai Gesing ini bakal mampu menyumbang 5 ribu ton ikan tangkap per tahun di DIY.

"Optimalnya lima ribu ton sehari," kata Catur.

Produksi ikan tangkap di DIY sendiri tercatat mencapai 7.072 ton atau 100,12 persen dari target pada 2022 lalu.

Baca Juga: Dispar Gunungkidul Keluarkan SE untuk Wahana Jembatan Kaca

Tunggul Kumoro Damarjati Photo Community Writer Tunggul Kumoro Damarjati

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya