Ular Piton 3 Meter Melilit di Tembok Rumah Warga Wedomartani Sleman

Damkar Sleman evakuasi ular piton

Sleman, IDN Times - Seekor ular piton berjenis Sawokembang dilaporkan masuk ke salah satu rumah warga di Griya Kenayan, Wedomartani, Ngemplak, Kabupaten Sleman, pada Selasa (12/12/2023) malam.

Proses evakuasi ular sepanjang kurang lebih 3 meter itu melibatkan tim dari petugas pemadam kebakaran (Damkar) Kabupaten Sleman. 

1. Melilit di tembok pagar rumah

Ular Piton 3 Meter Melilit di Tembok Rumah Warga Wedomartani SlemanSeekor ular piton berjenis Sawokembang dilaporkan masuk ke salah satu rumah warga di Griya Kenayan, Wedomartani, Ngemplak (Dokumentasi/Damkar Kabupaten Sleman)

Kabid Damkar Sleman, Sutriyanta mengatakan laporan mengenai penemuan ular masuk ke rumah warga ini diterima pihaknya melalui sambungan telepon. Tak lama setelah menerima laporan, satu unit damkar lengkap dengan emergency kit mobil dan alat evakuasi tiba di lokasi.

Menurut Sutriyanta, saat ditemukan ular dalam kondisi tengah melilit tembok pagar rumah salah seorang warga.

2. Evakuasi cukup 10 menit

Ular Piton 3 Meter Melilit di Tembok Rumah Warga Wedomartani SlemanSeekor ular piton berjenis Sawokembang dilaporkan masuk ke salah satu rumah warga di Griya Kenayan, Wedomartani, Ngemplak (Dokumentasi/Damkar Kabupaten Sleman)

Sutriyanta menambahkan, proses evakuasi ular tersebut berjalan cukup cepat, aman dan lancar. Kini, reptil sudah diamankan di Mako Damkar Sleman.

"Waktu evakuasi sekitar sepuluh menit," imbuh Sutriyanta.

Baca Juga: Ular Sanca Nyelonong Masuk Kamar Kos Warga Kasihan Bantul

3. Lebih dari 400 kejadian nonkebakaran

Ular Piton 3 Meter Melilit di Tembok Rumah Warga Wedomartani SlemanDok.IDN Times/Istimewa

Terpisah, Kasi Operasional dan Investigasi Damkar Sleman, Nawa Murtiyanto mengatakan, selama ini pihaknya melakukan penanganan kejadian nonkebakaran di samping tugas utama sebagai penjinak si jago merah.

Tugas itu meliputi evakuasi sarang tawon, kemudian penanganan ular masuk rumah, dan lain sebagainya.

Menurut Nawa, pihaknya mencatat ratusan kejadian nonkebakaran sepanjang November 2023 saja. "Penanganan nonkebakaran sudah tembus 400 kejadian per November 2023 ini," ungkapnya. 

Baca Juga: Pemain PSS Sleman Berlatih Lagi Usai Libur 2 Hari

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya