Saat Nyantrik, Kaesang Tak Menginap di Rumah Erina

Saat Nyantrik, Kaesang Tak Menginap di Rumah Erina

Sleman, IDN Times - Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep disebut tak akan menginap atau bermalam di kediaman calon istrinya, Erina Sofia Gudono dalam tradisi nyantri atau nyantrik setelah prosesi midodareni, Jumat (9/12/2022) nanti.

Wigung Wratsangka, Owner Pengantin Production selaku wedding organizer Kaesang-Erina mengatakan, calon mempelai laki-laki akan pulang setelah nyantrik selesai.

"Nyantri itu gak harus bermakna nginep di tempat," kata Wigung ditemui di kediaman Erina, Purwosari, Sinduadi, Mlati, Sleman, Rabu (7/12/2022) malam.

1. Beda tradisi kuno

Saat Nyantrik, Kaesang Tak Menginap di Rumah ErinaKeluarga Erina Gudono mengikuti gladi bersih upacara pra-akad nikah, Rabu (7/12/2022). (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Wigung menerangkan, nyantrik adalah salah satu tradisi pernikahan adat Jawa di mana calon pengantin pria datang dan bermalam di rumah calon mertua pada waktu midodareni, satu hari sebelum upacara pernikahan.

Dalam tradisi Keraton Yogyakarta, ketika diserahkan untuk nyantrik calon mempelai laki-laki malah sudah berada di keraton tiga hari tiga malam.

"Kalau dulu, kalau di keraton itu 40 hari sudah diserahkan masuk keraton, gak boleh keluar. Tapi kalau di masyarakat umum kan tidak mungkin, karena tidak ada (bangsal) kasatriyan. Jadi tetap kondur (pulang)," jelasnya.

Bahkan dalam paugeran atau aturan kuno, calon mempelai laki-laki datang sendirian tanpa didampingi orangtuanya.

Baca Juga: Profil Almarhum Prof. Gudono, Ayah Erina Calon Istri Kaesang

2. Wejangan dari calon mertua

Saat Nyantrik, Kaesang Tak Menginap di Rumah ErinaKeluarga Erina Gudono mengikuti gladi bersih upacara pra-akad nikah, Rabu (7/12/2022). (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Wigung menambahkan, nyantri diambil dari kata santri dan nyantrik dari kata cantrik memiliki arti orang yang sedang berguru. Mencari ilmu agama dan ilmu untuk kepentingan menjadi imam bagi keluarga.

Oleh karenanya, Kaesang nanti akan disuguhi air yang disebut Tirto Wening. Air di sini memiliki makna filosofis ilmu pengetahuan dan kehidupan. Kaesang juga akan memperoleh wejangan catur laksita tama. Catur berarti empat, sementara laksita adalah sikap dan tama merupakan utama.

"Jadi empat sikap utama yang seyogyanya dimiliki pemimpin keluarga. Oleh karena itu Mas Kaesang nanti akan mendapat wejangan itu dari keluarga calon mempelai putri," terangnya.

3. Kaesang tak berjumpa Erina

Saat Nyantrik, Kaesang Tak Menginap di Rumah ErinaErina Gudono mengikuti gladi bersih upacara pra-akad nikah, Rabu (7/12/2022). (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Menurut Wigung, Kaesang dan Erina selama prosesi midodareni dan nyantrik juga tidak akan bertemu sebagai bagian dari prosesi sinengker midodareni.

"Pengantin putri tidak diperbolehkan keluar, harus berada di kamarnya," katanya.

Erina hanya akan bertemu ibu-ibu keluarga calon pengantin laki-laki lewat prosesi tilik nitik.

"Lalu kemudian pamitan, ada pancing gelung. Yaitu busana yang akan dikenakan oleh calon mempelai putra saat akad nikah, dan angsul-angsul yaitu tanda tresno, oleh-oleh buah tangan dari keluarga calon mempelai putri untuk keluarga calon mempelai putra," tutupnya.

Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono dijadwalkan melaksanakan ijab kabul di Pendopo Royal Ambarrukmo, Depok, Sleman, Sabtu (10/12/2022) mendatang. Setelahnya, agenda dilanjutkan dengan acara panggih pengantin dan dahar tasyakuran.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bakal jadi saksi pernikahan keduanya. Adapun Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin rencananya juga bakal memberikan khotbah selaku khatib nikah.

Sedangkan rangkaian prosesi pernikahan keduanya dimulai sejak tanggal 8 Desember 2022 diawali dengan agenda semaan quran. Kemudian sehari berikutnya midodareni yang juga bakal dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sementara Kota Solo, Jawa Tengah, dipilih untuk menjadi lokasi acara ngunduh mantu Kaesang-Erina yang akan digelar pada Minggu, 11 Desember 2022.

Baca Juga: 6 Lokasi Prewedding Kaesang-Erina, Banyak yang di Jogja

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya