Comscore Tracker

Profil Almarhum Prof. Gudono, Ayah Erina Istri Kaesang

Ayahanda Erina Gudono adalah Guru Besar FEB UGM

Siapa yang tak mengenal Erina Gudono, Puteri Indonesia DIY 2022 yang juga istri Kaesang Pangarep, putra Presiden Jokowi? Di balik sosoknya yang sederhana, Erina bukan dari keluarga biasa. Almarhum ayah Erina, Prof. Dr. Gudono, adalah seorang guru besar di FEB Universitas Gadjah Mada (UGM) yang telah wafat pada tahun 2016 silam.

Sosok ayah Erina cukup disegani dan berbagai jabatan telah diemban sang guru besar. Simak profil Almarhum Prof. Gudono selengkapnya berikut ini!

1. Biodata Profesor Gudono

Profil Almarhum Prof. Gudono, Ayah Erina Istri Kaesangprofil profesor gudono (instagram.com/shaniagudono)

Nama lengkap: Prof. Dr. Mohammad Gudono, M.B.A.
Tempat dan tanggal lahir: Semarang, 26 Mei 1963
Tempat dan tanggal wafat: Jakarta, 22 Juli 2016
Agama: Islam
Nama istri: Sofiatul Gudono
Jumlah anak: 4

2. Perjalanan karier Profesor Gudono

Profil Almarhum Prof. Gudono, Ayah Erina Istri KaesangProf. Dr. Mohammad Gudono (acadstaff.ugm.ac.id)

Dilansir laman FEB UGM, Prof. Gudono disebut sebagai sosok baik dan menyenangkan sebagai dosen FEB UGM pada Departemen Akuntansi.

Sejarah pendidikan beliau cukup gemilang, tak heran kalau Prof. Gudono kemudian menjadi akademisi yang dihormati. Memulai pendidikan di jenjang Strata-1 di UGM jurusan Akuntansi/Ekonomi, beliau melanjutkan pendidikan Master di Murray State University, yang bertempat di Amerika Serikat.

Tak sampai di sana, Profesor melanjutkan pendidikannya di Temple University, Pensylvania, Amerika, dan pada 2011, tepatnya tanggal 1 Desember, menjabat sebagai guru besar di UGM.

Baca Juga: 17 Quote Cinta Kaesang-Erina, Definisi Bucin Bikin Gemas

3. Jabatan dan penghargaan yang pernah didapatkan Profesor Gudono

Profil Almarhum Prof. Gudono, Ayah Erina Istri KaesangErina Gudono di makam sang ayah, Profesor Gudono (instagram.com/erinagudono)

Profesor Gudono adalah seseorang yang bertanggung jawab dan berdedikasi tinggi. Sejumlah jabatan penting pernah diembannya. Seperti Wakil Rektor Bidang Administrasi dan Pengembangan SDM UGM di tahun 2002-2004, lalu dilanjutkan sebagai Pejabat Struktural Eselon IIIA di BPK RI pada 2006-2010.

Di tahun 2013-2015, Profesor Gudono juga pernah menjadi Ketua Pengelola Program Magister Akuntansi (MAKSI) FEB UGM dan yang terakhir adalah jabatan sebagai Ketua Program Sarjana Akuntansi FEB UGM pada 2016. Jabatan terakhirnya ini beliau emban sampai akhir hayatnya.

Di masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Profesor Gudono mendapat penghargaan Satya Lancana Karya Satya XX. Penghargaan ini diberikan pemerintah kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) atas jasa dan bakti. Selain itu, beliau juga pernah mendapatkan penghargaan Satya Lencana Kesetiaan 25 tahun dari UGM di tahun 2013.

4. Wafatnya Profesor Gudono

Profil Almarhum Prof. Gudono, Ayah Erina Istri Kaesangprosesi persemayaman profesor gudono di UGM (ugm.ac.id)

Profesor Gudono wafat pada Jumat, 22 Juli 2016 malam. Beliau meninggal di kediamannya di Kelapa Gading, Jakarta. Jenazah Almarhum diterbangkan ke Yogyakarta untuk disemayamkan di Balairung UGM, lalu dibawa ke rumah duka yang berlokasi di Pandega Padma C-20, Sinduadi, Mlati, Sleman.

Keseriusan Profesor Gudono dalam mengenyam pendidikan nyatanya menurun pada keempat anaknya yang keseluruhan menempuh pendidikan tinggi sampai luar negeri. Termasuk Erina Sofia Gudono sang calon menantu presiden yang juga lulusan Universitas Gadjah Mada 2018 dan melanjutkan pendidikan magisternya di Columbia University, Amerika Serikat.

Baca Juga: 6 Lokasi Prewedding Kaesang-Erina, Banyak yang di Jogja

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya