Pendaftaran Dikebut, Partai Ummat Targetkan 2 Digit Suara Pemilu 2024

Pihaknya masih dalam tahap menyiapkan dokumen pendaftaran

Sleman, IDN Times - Partai Ummat menargetkan raihan dua digit suara pada Pemilu 2024 mendatang.

Kini, pendaftaran partai berlambang bintang ini sebagai parpol baru ke Kemenkumham tengah dikebut.

Baca Juga: Ogah Komentari Partai Ummat, Mumtaz: Anak Saya Bisa Bikin Partai Jeruk

1. Dua digit ekspresi semangat

Pendaftaran Dikebut, Partai Ummat Targetkan 2 Digit Suara Pemilu 2024Ketua Umum Partai Ummat, Ridho Rahmadi. (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Ketua Umum Partai Ummat, Ridho Rahmadi, menuturkan pihaknya menargetkan raihan suara di atas sepuluh persen pada Pemilu 2024 mendatang.

"Kalau berapa (angka pasti) saya takut apa karena saya kebetulan orang data sains, takut mengada-ada banget. Dua digit ini istilah optimistisme kami, tentu di atas sepuluh persen ke atas. Tentu kalau exactnya kami saya tidak berani melangkahi forum-forum internal kami juga," kata Ridho saat dijumpai di kediaman Amien Rais, Depok, Sleman, Kamis (29/4/2021).

"Jadi digit ini masih ekspresi semangat kami secara numerikal lah, dua digit insya allah. Berarti kami yakin," sambung menantu Amien Rais ini.

2. Kebut pendaftaran ke Kemenkumham

Pendaftaran Dikebut, Partai Ummat Targetkan 2 Digit Suara Pemilu 2024Partai Ummat DIY. IDN Times/Tunggul Damarjati

Namun, sebelum merealisasikan target tersebut, dikatakan Ridho, Partai Ummat harus terlebih dahulu terdaftar di Kemenkumham.

Harapannya, proses pendaftaran partai baru ini bisa kelar selambat-lambatnya dalam dua bulan atau pada Juni 2021 nanti.

"Kalau kita tarik dari rencana Pemilu 2024, pemilu sebelumnya kalau tidak salah April, ya semoga masih pada bulan-bulan yang sama. Jadi, kalau dari aturannya itu (pendaftaran) kira-kira paling lambat itu dua tahun enam bulan sebelum pemilu, jadi kalau kita tarik tahun ini sekitar Oktober," kata Ridho.

Sekarang, pihaknya masih dalam tahap mengumpulkan dokumen-dokumen, termasuk yang berasal dari berbagai daerah sebagai syarat pendirian parpol. Proses ini diyakininya cukup ribet, tapi segenap pengurus partai tetap tancap gas.

"Ada tim masing-masing di PIC (person in charge) daerah. Nanti akan bertranformasi jadi DPW, DPD, dan DPC dan seterusnya. Nanti akan mengirinkan dokumen. Insyaallah, mohon doanya kita menargetkan memang secepatnya," imbuh dia.

3. Keliling ke Aceh hingga Papua

Pendaftaran Dikebut, Partai Ummat Targetkan 2 Digit Suara Pemilu 2024IDN Times/Tunggul Damarjati

Setelah urusan di Kemenkumham ini usai, Ridho berencana melancarkan agenda pertamanya sebagai ketua umum parpol.

Dirinya berujar akan menyambangi seluruh kader Partai Ummat di Aceh hingga Papua.

"Bertemu dengan kader-kader di daerah, silaturahmi, konsolidasi, karena mereka ini memang tulang punggung utama partai menurut saya," pungkasnya.

Baca Juga: Markas Partai Ummat DIY Berdiri, Amien Rais Titip Pesan bagi Kader PAN

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya