Mantan Bupati Kulon Progo Diusulkan Jadi Pengganti Ganjar Pranowo

Penjabat Gubernur Jateng harus lanjutkan program Ganjar

Yogyakarta, IDN Times - Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo buka suara mengenai namanya yang diajukan menjadi salah satu kandidat Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah menggantikan Ganjar Pranowo.

Masa jabatan Ganjar Pranowo sebagai Gubernur Jawa Tengah sendiri akan berakhir 5 September 2023.

1. Siap jika diberi mandat

Mantan Bupati Kulon Progo Diusulkan Jadi Pengganti Ganjar PranowoKepala BKKBN Hasto Wardoyo di Kalimantan Barat (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Hasto yang merupakan mantan Bupati Kulon Progo mengatakan, dirinya siap menjalankan tugas yang menjadi kebijakan atau keputusan pemerintah.

"Saya sebagai bawahan kalau itu menjadi kebijakan pemerintah, maka saya tentu akan menjalankan mandat itu sebaik-baiknya," kata Hasto. 

2. Terdapat 3 nama pengganti Ganjar

Mantan Bupati Kulon Progo Diusulkan Jadi Pengganti Ganjar PranowoIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Sebelumnya, Ketua DPRD Jateng, Sumanto mengungkapkan setidaknya terdapat tiga nama yang digadang-gadang menggantikan posisi Ganjar sebagai Pj Gubernur Jawa Tengah.

"Ada tiga usulan calon Penjabat Gubernur Jawa Tengah. Antara lain ada nama Hasto Wardoyo Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional, Tony Tribagus Spontana Kepala Badan Diklat Kejagung RI dan Sumarno Sekretaris Daerah Jawa Tengah," ujar Sumanto di gedung DPRD Jateng, Jalan Pahlawan, Semarang, Senin (7/8/2023). 

Saat ini pihaknya sudah mengusulkan tiga nama tersebut ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk selanjutnya diteruskan kepada Presiden Jokowi.

 

Baca Juga: Pesan Jokowi Buat Maba UGM, Singgung Masa Kuliahnya Dulu

3. Mampu lanjutkan program Ganjar

Mantan Bupati Kulon Progo Diusulkan Jadi Pengganti Ganjar PranowoPresiden Joko "Jokowi" Widodo (kanan) usai melaksanakan salat id bersama Capres PDIP, Ganjar Pranowo (kiri) di Solo (Dok. Tim Media Ganjar Pranowo)

Sumanto menyatakan, ketiga nama itu telah disepakati setelah melalui rapat gabungan. Seluruh pimpinan DPRD dan Ketua Fraksi di DPRD Jateng turut dalam musyawarah pengusulan nama tersebut. 

"Kriterianya ketiga orang tersebut bisa melanjutkan program-program dari Pak Gubernur. Dan itu sudah diusulkan ke Kemendagri," tuturnya.

Adanya pengusulan Pj Gubernur Jateng sesuai dengan Pasal 2 Permendagri Nomor 4 Tahun 2023. Setelah diusulkan, Presiden Joko Widodo akan menyetujui satu nama calon untuk ditetapkan menjadi Pj Gubernur Jateng.

Baca Juga: Rekonstruksi Mutilasi di Sleman, Tersangka Sempat Makan di Angkringan 

Baca Juga: Pekerja Proyek Beteng Keraton Jogja Temukan Tulang dan Tengkorak

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya