Stasiun Bandara YIA Didesain dengan Pernak-pernik Khas Yogyakarta

KA Bandara ke YIA akan segera diluncurkan

Sleman, IDN Times - Dalam waktu dekat, Kereta Api (KA) Bandara yang langsung terhubung dengan Yogyakarta International Airport (YIA) akan segera diaktifkan. Berkaitan dengan hal tersebut, PT KAI telah melakukan berbagai persiapan operasional maupun pelayanan.

“Setelah sebelumnya pada Mei 2019 KA Bandara YIA beroperasi melalui Stasiun Wojo, nantinya layanan KA Bandara YIA dapat langsung masuk ke dalam Bandara YIA melalui Stasiun YIA untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat yang akan bepergian dari dan menuju Bandara YIA,” ungkap VP Public Relations KAI Joni Martinus pada Kamis (12/8/2021).

Baca Juga: Jalur Kereta Api ke Bandara YIA 98 Persen Rampung

1. Ruang tunggu dan berbagai fasilitas telah siap

Stasiun Bandara YIA Didesain dengan Pernak-pernik Khas YogyakartaStasiun kereta api di YIA. Dok: Humas KAI

Joni menerangkan, KAI sebagai operator memberikan dukungan dengan mempersiapkan area pelayanan pelanggan KA, baik yang berada di Stasiun Bandara YIA maupun di Stasiun Yogyakarta. Sementara itu, di Stasiun YIA, telah dibangun ruang tunggu dan pelayanan penumpang yang representatif.

"Tersedia fasilitas pelayanan loket, Informasi Pelanggan (Customer Service), ruang tunggu yang nyaman, fasilitas ruang kesehatan serta laktasi, dan pos keamanan. Untuk menuju ke area peron stasiun, nantinya hanya pelanggan KA Bandara yang sudah memiliki tiket yang dapat masuk melalui e-gate yang tersedia ketika KA yang akan dinaiki sudah tersedia," jelasnya.

KAI juga telah mempersiapkan SDM perusahaan yang nantinya akan bertugas untuk melayani para pelanggan kereta api dan menjalankan operasional KA Bandara yang saat ini masih dalam tahap proses persiapan oleh berbagai pihak.

2. Pernak-pernik khas Yogyakarta akan menghiasi stasiun YIA

Stasiun Bandara YIA Didesain dengan Pernak-pernik Khas YogyakartaStasiun kereta api di YIA. Dok: Humas KAI

Untuk memberikan suasana khas Yogyakarta, ruang pelayanan penumpang KA di Stasiun YIA ini memiliki pernik-pernik khas Yogyakarta. Selain itu, juga tersedia pelayanan yang representatif, tujuannya untuk memberikan kenyamanan kepada para pelanggan KA Bandara.

"Sedangkan untuk di Stasiun Yogyakarta, KAI juga sudah menyiapkan ruang tunggu khusus pelanggan KA Bandara,” katanya.

3. Detail rute masih menunggu arahan dari pemerintah

Stasiun Bandara YIA Didesain dengan Pernak-pernik Khas YogyakartaKereta Api Bandara. (IDN Times/Holy Kartika)

Berkenaan dengan detail pengoperasian perjalanan KA Bandara rute Stasiun Yogyakarta - Stasiun YIA , KAI masih menunggu arahan resmi dari pemerintah. Dia berharap, hadirnya KA Bandara YIA ini mampu membantu pemulihan perekonomian masyarakat dan mendukung konektivitas ke berbagai destinasi wisata yang ada di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

“Kami klarifikasi bahwa info terkait detail pengoperasian KA Bandara rute Stasiun Yogyakarta-Stasiun Bandara YIA PP sampai dengan saat ini masih belum ditetapkan. Saat ini kami menunggu arahan dan keputusan resmi dari pemerintah. Secara intensif KAI terus berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait rencana pengoperasian KA tersebut,” paparnya.

Baca Juga: 17 Agustus 2021, KA Bandara YIA Terhubung dengan Stasiun Yogyakarta  

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya