Jalur Kereta Api ke Bandara YIA 98 Persen Rampung

Optimistis 17 Agustus 2021 dapat dioperasionalkan

Kulon Progo, IDN Times - ‎Jalur kereta api ke Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kabupaten Kulon Progo ditargetkan beroperasi pada 17 Agustus 2021 mendatang. Kementerian Perhubungan kini menggenjot progres pembangunan jalur kereta api dari Stasiun Kedundang menuju Bandara YIA yang telah mencapai 98 persen.

"Untuk progres pembangunan fisik jalur kereta api sudah 98 persen selesai. Sedangkan untuk sarana dan prasarana sudah 100 persen serta sudah dua kali uji coba," kata PPK Kegiatan Pengembangan Perkeretaapian Area 1, Balai Teknik Perkeretaapian Kelas 1 Wilayah Jawa Bagian Tengah, Direktorat Jenderal Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan RI, Dheky Martin, Rabu (11/8/2021).

Baca Juga: 17 Agustus 2021, KA Bandara YIA Terhubung dengan Stasiun Yogyakarta  

1. Pengerjaan ditargetkan selesai 14 Agustus 2021

Jalur Kereta Api ke Bandara YIA 98 Persen RampungIlustrasi jalur kereta api (IDN Times/Dwi Agustiar)

Menurut Dheky, jalur kereta api yang memiliki panjang lintasan lima kilometer sudah diujicobakan dengan lokomotif diesel dan kereta rel diesel. Semua sarana prasarana pendukung sudah terpasang, saat ini tinggal penyempurnaan. Ia menargetkan pada 14 Agustus 2021 seluruh pekerjaan selesai 100 persen.

"Ya tanggal 14 Agustus selesai dan tanggal 17 Agustus sudah bisa dioperasionalkan," tuturnya.

2. Masih ditemukan beberapa permasalahan yang harus diperbaiki

Jalur Kereta Api ke Bandara YIA 98 Persen RampungIlustrasi perbaikan jalur kereta (ANTARA FOTO/Risky Andrianto)

Sementara itu, Balai Pengujian Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan mulai hari ini hingga tiga hari ke depan melakukan pengujian kelaikan jalur kereta api. Dalam pengujian kelaikan, tim disebar di beberapa titik di sepanjang jalur kereta api.

"Kami cek semuanya dari Stasiun Kedundang sampai Bandara YIA. Mulai dari kelengkapan infrastruktur fisik, kelistrikan hingga sinyal," kata Kepala Balai Pengujian Perkeretaapian Kemenhub, Yuwono Wiarco.

Jika dalam pengujian kelaikan nanti ditemukan permasalahan, maka akan langsung disampaikan ke pelaksana agar segera diperbaiki. Setelah diperbaiki akan kembali diuji untuk memastikan semuanya siap dioperasionalkan dan dilakukan sertifikasi.

"Dalam pengujian masih kita temukan beberapa hal seperti profil struktur ballast yang belum bagus. Namun secara umum sarana dan prasarana serta trek sudah cukup baik,"katanya.

"Tadi kita lakukan pengujian dengan kereta inspeksi dengan kecepatan 60 km/jam," ujarnya lagi.

3. Jalur kereta api dari Stasiun Kedundang menuju YIA menelan biaya Rp1,1 triliun‎

Jalur Kereta Api ke Bandara YIA 98 Persen RampungIlustrasi Infrastruktur (Kereta). IDN Times/Arief Rahmat

Seperti diketahui jalur kereta api ke Bandara YIA mulai dibangun sejak Desember 2019 dengan biaya mencapai Rp1,1 triliun. Jalur kereta api ini mendukung aksesibilitas menuju Bandara YIA yang di Kulon Progo. Ke depan, jalur tol juga akan dibangun yang langsung menghubungkan dengan Bandara YIA.‎

Baca Juga: Desain Disepakati, Koneksi Tol ke YIA Bikin Akses Lebih Mudah

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya