17 Agustus 2021, KA Bandara YIA Terhubung dengan Stasiun Yogyakarta  

YIA mempunyai konektivitas dan transportasi yang lengkap

Kulon Progo, IDN Times -  Angkasa Pura I targetkan pengerjaan stasiun kereta api Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) dapat selesai pada 14 Agustus 2021. Direncanakan tanggal 17 Agustus mendatang pengoperasian kereta Bandara YIA dapat terhubung dengan Stasiun Tugu Yogyakarta. 

 

1. Uji coba hari ini lancar

17 Agustus 2021, KA Bandara YIA Terhubung dengan Stasiun Yogyakarta  Kereta Api Bandara. (IDN Times/Holy Kartika)

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi mengatakan dari hasil uji coba lintasan Kereta Api (KA) Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulon Progo dengan jalur dari Stasiun Kedundang - Stasiun YIA oleh PT Kereta Api Indonesia (Pesero) hari ini, Kamis (5/8/2021 berjalan lancar.

Uji coba kali ini merupakan pengecekan jalur lanjutan dengan lokomotif yang telah dilaksanakan sebelumnya pada 19 Juli 2021.

Baca Juga: Pastikan Program Vaksinasi, Luhut Berdialog dengan PKL Malioboro

2. Pengerjaan selesai 96 persen

17 Agustus 2021, KA Bandara YIA Terhubung dengan Stasiun Yogyakarta  Ilustrasi Infrastruktur (Kereta) (IDN Times/Arief Rahmat)

Stasiun KA Bandara YIA ini telah dilengkapi dengan overkapping peron sepanjang 200 meter dan lebar 20 meter dengan kemajuan pekerjaan yaitu 75 persen.

“Untuk mendukung keberadaan KA Bandara YIA, Angkasa Pura I membangun peron Stasiun KA Bandara seluas 4 ribu meter persegi dengan kapasitas 200 orang, yang hingga saat ini kemajuan pengerjaannya mencapai 96 persen,” papar Faik dilansir Antara, Kamis (5/8/2021). 

3. Bandara YIA mempunyai konektivitas dan moda transportasi yang lengkap

17 Agustus 2021, KA Bandara YIA Terhubung dengan Stasiun Yogyakarta  Presiden Joko Widodo didampingi Menteri BUMN, Erick Thohir dan Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan HB X memberikan sambutan saat meresmikan Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulonprogo, DI Yogyakarta, Jumat (28/8/2020). ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/wsj.

Dengan beroperasinya kereta api, maka YIA akan menjadi bandara dengan konektivitas dan moda transportasi pendukung yang lengkap dan terintegrasi, yaitu kereta api bandara, shuttle bus, bus DAMRI, taksi, dan angkutan darat lainnya.

YIA juga dapat menjadi bandara yang mampu mengakomodir kebutuhan transportasi dengan konektivitas yang tidak hanya mencakup wilayah Yogyakarta, namun juga sampai ke ujung batas wilayah Jawa Tengah (Cilacap, Purwokerto, Kebumen dan Banjarnegara).

 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya