Sleman Optimistis Turun ke PPKM Level 3

Kelanjutan PPKM akan diumumkan hari ini

Sleman, IDN Times - Ketentuan kelanjutan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan masyarakat (PPKM) Level 4 akan kembali diumumkan hari ini oleh Pemerintah Pusat. Berkaitan dengan hal tersebut, Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo optimis jika Sleman bisa turun menjadi level 3.

"Saya percaya PPKM akan turun ke level 3," ungkapnya pada Senin (6/9/2021).

Baca Juga: Bupati Sleman Minta Warga Terdampak Tol Tidak Boros

1. Data kematian sudah mengalami penurunan

Sleman Optimistis Turun ke PPKM Level 3Tim Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 memakamkan jenazah pasien positif COVID-19 (ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho)

Kustini menjelaskan, dari data yang ada, saat ini jumlah kasus COVID-19 di Sleman sudah menurun dan angka kasus meninggal akibat COVID-19 di Sleman juga sudah menurut. Selain itu, vaksinasi di Sleman hampir mencapai 60 persen.

"Di Kabupaten Sleman dalam beberapa hari ini yang meninggal 4, sehingga Insyaallah dengan kesadaran masyarakat dan percepatan vaksinasi, kita percaya nanti cepat level ke 3," katanya.

2. Ketika level sudah turun, objek wisata akan segera dibuka

Sleman Optimistis Turun ke PPKM Level 3Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo. Dok: istimewa

Kustini mengatakan, ketika nantinya Sleman benar-benar turun level, maka objek wisata akan langsung dibuka. Di mana saat ini evaluasi terhadap objek wisata untuk melakukan uji coba sudah dilakukan dan vaksinasi bagi pelaku wisata sudah tinggi.

Sementara itu, untuk pembelajaran tatap muka, Kustini menjelaskan jika meskipun sudah turun level, namun keputusan untuk membuka sekolah masih tetap menunggu Instruksi Gubernur.

"Khusus untuk sekolah maka kita masih menunggu Instruksi dari Gubernur. Di mana cakupan vaksin anak-anak di Sleman baru 20 persen," paparnya.

3. Penurunan kasus sudah cukup signifikan

Sleman Optimistis Turun ke PPKM Level 3Ilustrasi ruang Isolasi COVID-19. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Cahya Purnama menjelaskan, dari segi penurunan kasus COVID-19, di Sleman sudah cukup signifikan.  Pihaknya pun akan melakukan upaya percepatan vaksinasi agar herd immunity bisa segera tercapai.

"Ya dilihat dari segi penurunan kasus sudah cukup signifikan. Artinya PPKM sudah membuahkan hasil," jelasnya.

Baca Juga: 69,6 Persen Nakes di Sleman Sudah Divaksinasi Dosis Ketiga

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya