Comscore Tracker

Sehari, BPBD Sleman Makamkan 16 Jenazah dengan Protap COVID-19

Dua hari, 24 jenazah yang dimakamkan dengan protap

Sleman, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Sleman kembali mencatat adanya lonjakan pemakaman jenazah dengan prosedur tetap (protap) COVID-19 dalam beberapa hari terakhir.

Kabid Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman, Makwan mengungkapkan, bahkan pihaknya mencatat dalam dua hari ini, Kamis hingga Jumat pagi, ada 24 jenazah yang dimakamkan dengan protap COVID-19.

Baca Juga: Jumlah Jenazah COVID-19 DIY Melonjak 100 Persen, Relawan Butuh Bantuan

1. Kamis, sebanyak 16 jenazah dimakamkan dengan protap COVID-19

Sehari, BPBD Sleman Makamkan 16 Jenazah dengan Protap COVID-19Ilustrasi tim Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 mengusung jenazah pasien positif COVID-19 di Tempat Pemakaman Umum di Kudus (ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho)

Makwan menjelaskan, pada Kamis (24/6/2021) tim relawan memakamkan sebanyak 16 jenazah dengan protap COVID-19. Selain itu, tim juga melakukan pemulasaran jenazah sebanyak satu kali.

"Kamis, 24 juni 2021 pemakaman 16 kali, pemulasaraan 1 kali," ungkapnya pada Jumat (25/6/2021).

2. Jumat pagi, 8 jenazah dimakamkan dengan protap COVID-19

Sehari, BPBD Sleman Makamkan 16 Jenazah dengan Protap COVID-19Seorang ibu melihat proses pemakaman jenazah keluarganya yang meninggal dunia karena COVID-19 di TPU Srengseng Sawah, Jakarta, Kamis (14/1/2021). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuka area pemakaman untuk jenazah COVID-19 di TPU Srengseng Sawah karena Taman Pemakaman Umum (TPU) khusus COVID-19 telah penuh. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha

Bukan hanya itu, pada Jumat Pagi tim relawan juga kembali memakamkan sebanyak 8 jenazah dengan protap COVID-19. Selain itu, tim juga melakukan pemulasaran sebanyak 1 kali.

"Jumat 25 Juni 2021, mulai pagi ini 8 jenazah, 1 pemulasaran," katanya.

Makwan menjelaskan, setidaknya ada 7 tim yang bertugas untuk memakamkan. Di mana lokasi pemakaman sendiri dilakukan di TPU Madurejo serta di domisili asal masing-masing

3. Semua shelter hari ini penuh

Sehari, BPBD Sleman Makamkan 16 Jenazah dengan Protap COVID-19ShelterUII akan mulai digunakan untuk isolasi pasien COVID-19. IDN Times/Siti Umaiyah

Makwan menjelaskan, saat ini semua shelter yang disediakan oleh Pemkab Sleman untuk isolasi pasien COVID-19 tanpa gejala maupun bergejala ringan penuh. Baik yang ada di Rusunawa Gemawang, Asrama Haji maupun Shelter UII.

"Hari ini semua shelter full," paparnya.

Baca Juga: Lebih Rentan COVID-19, Anak dan Orangtua Harus Ketat Prokes

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya