Sampel Swab Bupati Sleman Akan Dikirim ke Balitbang Kemenkes

Bupati Sleman positif COVID-19

Sleman, IDN Times - Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo terkonfirmasi positif COVID-19 usai melakukan tes PCR pada Senin (24/1/2022). Direktur RSUD Sleman, Novita Krisnaeni mengungkapkan, hari ini rencananya Bupati Sleman akan melakukan pemeriksaan menyeluruh untuk mengetahui kondisinya lebih lanjut.

"Beliau gejala ringan. Jadi obatnya sesuai yang diperlukan," ungkapnya pada Selasa (25/1/2022).

Baca Juga: Bupati Sleman Positif COVID-19, Ini Kondisinya Terkini

1. Sampel akan dikirim ke Balitbang Kemenkes

Sampel Swab Bupati Sleman Akan Dikirim ke Balitbang KemenkesIlustrasi swab test (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Novita mengatakan, lantaran sebelumnya Bupati sempat ke beberapa kota, seperti Jakarta dan Lumajang, maka pihaknya berencana mengirim sampel swab Bupati ke Balitbang Kemenkes. Hal ini sebagai antisipasi varian Omicron.

"Kami rencana gitu (kirim sampel). Karena akan kami agendakan untuk sampelnya diperiksakan ke Balitbang. Kemungkinan hasilnya 3 minggu. (Untuk mengetahui varian) iya variannya. Di sini kan belum bisa," katanya.

2. Diharapkan bisa isolasi mandiri

Sampel Swab Bupati Sleman Akan Dikirim ke Balitbang KemenkesBupati Sleman, Kustini Sri Purnomo. (Dok. istimewa)

Lantaran Bupati Sleman diketahui bergejala ringan, diharapkan bisa isolasi mandiri di Rumah Dinas Bupati. Selain itu, diharapkan dalam waktu seminggu Bupati juga bisa sembuh.

"Biasanya seminggu asal dengan istirahat, gizi cukup, obat-obatan diberikan. Insyaallah dalam waktu seminggu sudah sembuh," terangnya.

3. Bentuk tim medis khusus

Sampel Swab Bupati Sleman Akan Dikirim ke Balitbang KemenkesIlustrasi relawan tenaga kesehatan (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Novita mengatakan, saat ini pihaknya telah membentuk tim khusus untuk melakukan pemeriksaan maupun pemantauan terhadap kondisi Bupati Sleman. Nantinya ketika Bupati isolasi mandiri, pemantauan akan dilakukan dengan telemedicine.

"Kami mantau cukup telemedicine, tapi tidak harus datang," paparnya.

Baca Juga: Sleman Mulai Berikan Vaksin Booster Untuk Anggota Forkopimda 

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya