Reresik Jogja, Edukasi Keliling COVID-19 dan Disinfeksi Area Publik

Mengajak warga DIY lebih sadar dan waspada terhadap corona

Yogyakarta, IDN Times - Posko Terpadu Penanganan COVID-19 Pemda DI Yogyakarta bersama dengan sejumlah relawan dan masyarakat menggelar kegiatan Reresik Jogja pada Minggu (23/3).

Biwara Yuswantana, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY menjelaskan, untuk kegiatan Reresik Jogja kali ini dilakukan dengan cara melakukan edukasi keliling kepada masyarakat Yogyakarta mengenai virus corona serta melakukan disinfeksi area publik.

Baca Juga: Begini Cara Mudah Cek Sebaran COVID-19 di Yogyakarta Lewat Ponsel

1. Dimulai dari seputaran Tugu Yogyakarta

Reresik Jogja, Edukasi Keliling COVID-19 dan Disinfeksi Area PublikDok: Humas Pemda DIY

Biwara menjelaskan, kegiatan Reresik Jogja sendiri dimulai dari seputaran Tugu Yogyakarta dan akan menyebar ke berbagai arah hingga ke kabupaten/kota yang ada di DIY. Direncanakan kegiatan ini akan berlanjut di hari-hari berikutnya.

"Petugas dan relawan yang akan bergerak untuk mensosialisasikan pencegahan dan penanganan menggunakan mobil penerangan/kendaraan keliling. Mengingatkan area kerumunan untuk menjaga jarak, disinfeksi area publik, dan fasilitas umum lainnya," terangnya melalui siaran pers yang diterima IDN Times, Minggu.

2. Reresik Jogja sejalan dengan social distancing

Reresik Jogja, Edukasi Keliling COVID-19 dan Disinfeksi Area PublikDok: Humas Pemda DIY

Biwara menerangkan, kegiatan Reresik Jogja sejalan dengan social distancing seperti menjaga jarak minimal 1 meter, sadar dan rela mengisolasi diri selama 14 hari bagi yang memiliki riwayat perjalanan luar daerah DIY atau kontak dengan pasien positif corona lainnya, membatalkan dan atau menunda kegiatan yang bersifat pengumpulan masa, meningkatkan imunitas dan menjaga stres.

"Belajar di rumah dan mengisi dengan kegiatan positif. Menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat sebagai langkah asesmen mandiri. Membersihkan lingkungan tempat tinggal serta melakukan disinfeksi mandiri," katanya.

3. Pentingnya kesadaran diri

Reresik Jogja, Edukasi Keliling COVID-19 dan Disinfeksi Area PublikDok: Humas Pemda DIY

Menurut Biwara, yang paling penting dalam mencegah penyebaran COVID-19 adalah kesadaran diri. Dia menerangkan jika COVID-19 saat ini telah menyebar ke seluruh dunia, tidak terkecuali DIY.

"Kita harus menerima kondisi bahwa saat ini virus ini ada di sekitar kita, maka apa yang harus kita lakukan supaya kita dapat bertahan dan tetap aman. Jawabannya adalah harus dimulai dari diri kita, karena sistem imun kita yang dapat menentukan apakah kita mampu menghalau dan atau menyembuhkan diri sendiri apabila terjangkit. Intinya adalah kesadaran diri," ungkapnya.

Baca Juga: Berapa Lama Virus Corona Bertahan di Benda-benda? Ini Penjelasannya!

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya