Comscore Tracker

Puluhan Pohon di Sleman Tumbang dan Atap Rumah Beterbangan

Dampak dari hujan deras dan angin kencang

Sleman, IDN Times - Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi pada Rabu (26/1/2022) mengakibatkan puluhan pohon tumbang di Kabupaten Sleman. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman, Makwan, mengatakan dari pendataan awal, dampak hujan terbanyak ada di Kapanewon Turi lalu diikuti oleh Kapanewon Tempel.

Baca Juga: Hasil Tracing Bupati Sleman, 10 Orang Positif COVID-19

1. Belasan pohon tumbang dan atap rumah beterbangan

Puluhan Pohon di Sleman Tumbang dan Atap Rumah BeterbanganPohon tumbang yang terjadi di wilayah Kabupaten Sleman. (Dok. BPBD Sleman)

Di Kapanewon Turi, tercatat ada kurang lebih 18 pohon tumbang. Pohon tumbang ini selain ada yang menimpa jaringan listrik, juga ada beberapa yang menimpa rumah warga, bak penampungan air bersih, kandang ayam serta menutup akses jalan. Selain pohon tumbang, tercatat juga sejumlah atap rumah warga beterbangan dan menimbulkan kerusakan ringan.

"Di Bangunkerto, atap 9 rumah beterbangan, menimbulkan rusak ringan," ungkapnya pada Rabu (26/1/2022).

2. Di Tempel, tercatat ada 13 pohon tumbang

Puluhan Pohon di Sleman Tumbang dan Atap Rumah BeterbanganMakwan, Kepala Pelaksana BPBD Sleman. IDN Times/Siti Umaiyah

Selain di Turi, BPBD juga mencatat adanya belasan pohon tumbang di Kapanewon Tempel. Setidaknya dari pendataan awal diketahui ada sebanyak 13 pohon tumbang. Ada yang menimpa kabel listrik, rumah warga, maupun menutup akses jalan.

"Di Bibis Lumbungrejo, 7 pohon tumbang menutup akses jalan dan kabel listrik," terangnya.

3. Sejumlah pohon tumbang juga terjadi di Kapanewon Pakem dan Sleman

Puluhan Pohon di Sleman Tumbang dan Atap Rumah BeterbanganPohon tumbang yang terjadi di wilayah Kabupaten Sleman. Dok: BPBD Sleman

Di Kapanewon Pakem dan Sleman, sejumlah pohon tumbang juga dilaporkan terjadi. Di ketahui selain melintang di jalan dan menutupi akses jalan, pohon tumbang juga dilaporkan ada yang menimpa UPT Pertanian.

"Di Jalan Pendowo Temon Pandowoharjo, satu pohon tumbang menimpa Gedung UPT Pertanian," paparnya.

Baca Juga: Hujan Angin, 2 Sungai di Sleman Meluap dan Banjiri Rumah Warga 

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya