Comscore Tracker

Hujan Angin, 2 Sungai di Sleman Meluap dan Banjiri Rumah Warga 

Ada pula kejadian pohon tumbang yang timpa rumah warga

Sleman, IDN Times - Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi pada Rabu (19/1/2022), menyebabkan air sungai meluap hingga membanjiri rumah warga. Selain sungai, hujan deras tersebut juga mengakibatkan talut ambrol dan pohon tumbang di sejumlah titik di Kabupaten Sleman.

Baca Juga: Banyak Baliho Tak Berizin, Sleman Tambah Personel Pengawas

1. Dua sungai meluap

Hujan Angin, 2 Sungai di Sleman Meluap dan Banjiri Rumah Warga Sebuah sungai meluap hingga masuk ke rumah warga. Dok: BPBD Sleman

Makwan, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman, mengungkapkan dari laporan yang diterima hingga pukul 19.05 WIB, kejadian sungai meluap terjadi di Kapanewon Ngaglik, di mana Sungai Perengan meluap ke Jalan Palagan dan juga masuk ke dua rumah dan satu kos-kosan milik warga setempat.

"(Air) masuk ke rumah Ibu Ngatini sampai setinggi lutut di dalam rumah, posisi rumah di ledokan. (Selain itu) ke rumah Bapak Sasmito Hadi dan Kos sampai setinggi tulang kering kaki dewasa," ungkapnya pada Rabu (19/1/2022) malam.

Selain di Ngaglik, diketahui air Kali Doso yang ada di Jetis, Jogopaten, Pandowoharjo, Sleman juga meluap ke sawah dan ke jalan. Sehingga mengakibatkan sayap jalan 0,5 x 3 meter tergerus air.

2. Dua talut diketahui ambrol

Hujan Angin, 2 Sungai di Sleman Meluap dan Banjiri Rumah Warga Sebuah talud di wilayah Kabupaten Sleman ambrol. Dok: BPBD Sleman

Menurut Makwan, pihaknya pun juga menerima laporan adanya talut ambrol akibat hujan deras tersebut. Sebuah talut berukuran 15 x 0,5 x 1 meter di Krandon, Pandowoharjo, Sleman ambrol hingga menutup aliran selokan. Selain itu, kejadian talut ambrol juga dilaporkan terjadi di Jetis, Jogopaten, Pandowoharjo.

"Talut sepanjang 50 m roboh di Jetis, Jogopaten, Pandowoharjo," katanya.

3. Sejumlah pohon tumbang

Hujan Angin, 2 Sungai di Sleman Meluap dan Banjiri Rumah Warga Ilustrasi pohon tumbang timpa rumah warga(IDN Times/dok BPBDPPU)

Lebih lanjut, Makwan juga mengungkapkan jika ada sejumlah pohon di beberapa titik yang ada di Kabupaten Sleman tumbang. Pohon tumbang tersebut diantaranya terjadi di Candibinangun Pakem, Pandowoharjo Sleman, serta Donokerto Turi. Menurutnya, pohon tumbang ini ada yang menimpa kabel jaringan listrik, pagar dan teras rumah, serta melintang di jalan.

"Di Pandowoharjo Sleman, pohon rambutan berdiameter 25 cm tumbang menimpa pagar dan teras rumah," paparnya.

Baca Juga: Hujan Angin di Sleman, 2 Orang Terluka Akibat Pohon Tumbang

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya