Hasil Tracing Bupati Sleman, 10 Orang Positif COVID-19

Bupati Sleman diketahui positif usai pulang dari luar kota

Sleman, IDN Times - Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, dinyatakan positif COVID-19 setelah melakukan tes swab PCR pada Senin (24/1/2022).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Cahya Purnama, mengatakan tracing langsung dilakukan ke sejumlah orang yang sempat melakukan kontak dengan Bupati. Hasilnya, beberapa orang dinyatakan positif COVID-19.

Baca Juga: Bupati Positif COVID-19, Puluhan Pegawai Pemkab Sleman Di-swab

1. Ada 10 orang dinyatakan positif COVID-19

Hasil Tracing Bupati Sleman, 10 Orang Positif COVID-19ilustrasi infeksi virus corona COVID-19 (IDN Times/Mardya Shakti)

Menurut Cahya, dari hasil tracing awal yang dilakukan, ditemukan ada 9 orang yang dinyatakan positif COVID-19. Kemudian, pada Selasa (25/1/2022), tracing kembali dilakukan dan diketahui ada satu tambahan kasus positif COVID-19.

"Sembilan positif semua, kemudian yang kemarin hanya satu (tambahan positif)," ungkapnya pada Rabu (26/1/2022).

2. Kronologi awal kasus

Hasil Tracing Bupati Sleman, 10 Orang Positif COVID-19Ilustrasi swab test (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Menurut Cahya, ditemukan sejumlah orang yang positif COVID-19 ini diawali dari Bupati Sleman yang merasa tidak enak badan setelah sebelumnya sempat bertugas ke luar kota. Kemudian untuk memastikan kondisinya, Bupati berinisiatif untuk melakukan tes COVID-19.

"Begitu positif kemudian kita lakukan PCR di RSUD ternyata positif. Nah 9 orang itu dari hasil tracing sekitarnya. Kemudian tracing dan ditemukan 1," katanya.

3. Kondisi Bupati Sleman sudah membaik

Hasil Tracing Bupati Sleman, 10 Orang Positif COVID-19Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo. IDN Times/Siti Umaiyah

Sementara itu, Direktur RSUD Sleman, Novita Krisnaeni membenarkan jika dari hasil tracing awal dari Bupati Sleman ditemukan 9 orang positif COVID-19. Kemudian, saat dilakukan tracing kedua ditemukan 1 orang positif COVID-19.

"Tracing awal hari Senin. (Total 10?) iya," katanya.

Berkaitan dengan kondisi terkini Bupati, Novita mengatakan jika saat ini sudah membaik dan tidak ditemukan masalah. Dia menjelaskan jika saat ini Bupati sedang menjalani isolasi mandiri di Rumah Dinas dengan pantauan dari tim medis.

"Hasil pemeriksaan Bupati, alhamdulillah baik. Tidak ada masalah. Hanya bergejala ringan, yang lain bagus (hasil tes). Sampel Bupati (untuk mengetahui varian) jadi dikirim, ternyata di Jogja bisa, jadi tidak perlu dikirim ke Jakarta. Kalau gak hari ini ya besok dikirim," paparnya.

Baca Juga: Sampel Swab Bupati Sleman Akan Dikirim ke Balitbang Kemenkes

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya