Perdes Belum Diteken, Pemasangan Patok Tol di Selomartani Tetap Jalan

Pekan ini Tamanmartani dapat giliran dipasang patok

Sleman, IDN Times - Pembangunan tol Jogja-Solo saat ini sudah memasuki tahap pemasangan patok. Pemasangan patok di kalurahan pertama, yakni Tirtomartani, Kalasan, Sleman telah selesai dan minggu ini akan memasuki kalurahan kedua, yakni di Tamanmartani.

Kepala Kundha Niti Mandala sarta Tata Sasana (Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DI Yogyakarta) Krido Suprayitno menjelaskan, usai dari kalurahan kedua, nantinya pemasangan patok akan berlanjut ke Selomartani, yang merupakan kalurahan ketiga.

Namun, hingga saat ini Peraturan Desa (Perdes) mengenai pemanfaatan tanah desa di Selomartani belum kunjung selesai.

Baca Juga: Mulai Dipatok, Pembangunan Tol Jogja-Solo Masuki Tahap Pengadaan Tanah

1. Selomartani belum miliki Perdes Pemanfaatan Tanah Desa

Perdes Belum Diteken, Pemasangan Patok Tol di Selomartani Tetap JalanKrido Suprayitno, Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY. IDN Times/Siti Umaiyah

Meski belum terbit perdes, kata Krido, pematokan di Selomartani masih akan tetap dilakukan lantaran pemasangan patok tidak membedakan antara tanah hak milik maupun tanah kalurahan.

"Paralel. Pemasangan patok itu tidak membedakan apakah tanah hak milik atau tanah kas desa. Semua kalo sesuai dengan trase yang sesuai dengan IPL ya dipatok. Cuma proses pembebasan lahan kan nanti harus sesuai prosedur yaitu Pergub 34 Tahun 2017," ungkapnya pada Minggu (6/9/2020).

2. Perdes dalam tahapan inventarisasi

Perdes Belum Diteken, Pemasangan Patok Tol di Selomartani Tetap JalanIDN Times/Siti Umaiyah

Menurut Krido, saat ini, pembuatan Perdes di Selomartani sendiri sedang dalam tahapan inventarisasi. Untuk mempercepat pembuatan Perdes tersebut, dari Dispertaru Kabupaten Sleman juga telah melakukan pendampingan. Harapannya, dalam dua bulan ini, Perdes sudah rampung.

"Ini inventarisasinya di Kalurahan Selomartani belum selesai. Jenis-jenis tanah tadi belum selesai. Karena semuanya harus dituangkan di lampiran Perdes," katanya.

3. Tahapan pemasangan patok tidak menemukan kendala yang berarti

Perdes Belum Diteken, Pemasangan Patok Tol di Selomartani Tetap JalanPemasangan perdana patol Tol Jogja-Solo. IDN Times/Siti Umaiyah

Krido menjelaskan, secara keseluruhan, di dalam melaksanakan tahapan pematokan, pihaknya tidak menemukan kendala yang berarti. Ditargetkan, pada September ini, pemasangan patok di sektor timur sudah selesai semua.

"Tirtomartani sudah selesai. Saya lihat tadi patoknya sudah memasuki perbatasan Tamanmartani. Jadi September ini semuanya sudah selesai untuk sektor timur. Plus Bokoharjo, Prambanan," paparnya.

Baca Juga: Ganti Rugi Lahan Terdampak Tol Jogja-Solo Bakal Dibayarkan November

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya