Pasar Terdampak Tol, Disperindag Sleman: Segera Cari Penggantinya

Pasar Condongcatur terkena dampak pembangunan jalan tol 

Sleman, IDN Times - Pembagunan jalan tol Yogyakarta-Solo diperkirakan akan memakan sebagian lahan pasar Condongcatur yang berada di ring road utara Yogyakarta. Berkaitan dengan hal tersebut, Mae Rusmi Suryaningsih mengaku saat ini pihaknya belum diajak koordinasi oleh Satker Pelaksanaan Jalan Bebas Hambatan (PJBH) Yogyakarta-Solo-Bawen. 

Baca Juga: Harga Bawang Putih Mahal, Sleman Siap Impor dari Tiga Negara

1. Idealnya cari lokasi pengganti

Pasar Terdampak Tol, Disperindag Sleman: Segera Cari PenggantinyaSosialisasi tol Yogyakarta-Solo di Desa Condongcatur. IDN Times/Siti Umaiyah

Mae menjelaskan, jika benar pasar Condongcatur terdampak, idealnya harus segera dicarikan lokasi pengganti.

"Yang kena kan lahan depan itu untuk parkir ya. Pasar itu membutuhkan parkir, jadi tidak mungkin pasar tak punya parkir. Baru kemarin kita dapat informasi dan belum dikoordinasikan," ungkapnya pada Selasa (11/2).

2. Pasar tak mungkin diperlebar ke belakang

Pasar Terdampak Tol, Disperindag Sleman: Segera Cari PenggantinyaSuasana pedagang di Pasar 26 Ilir Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Menurut Mae, sampai saat ini pihaknya belum mengetahui secara pasti luasan pasar yang terdampak tol. 

Untuk pilihan pelebaran pasar ke arah belakang, menurutnya tidak mungkin dilakukan lantaran banyak wilayah pertokoan. Jika diperlebar ke timur, dipastikan akan menemui banyak hambatan karena terbentur rumah penduduk. 

"Sementara kami mau konfirmasi dulu berapa luasan terkena, baru dipikirkan mau lokasi semula dioptimalkan atau dipindah," katanya.

3. Diharapkan dampak tol bisa diminimalisir

Pasar Terdampak Tol, Disperindag Sleman: Segera Cari PenggantinyaSosialisasi tol Yogyakarta-Solo di Desa Condongcatur. IDN Times/Siti Umaiyah

Meski belum mengetahui luasan pasti lahan pasar yang terdampak, namun dirinya berharap dampak tol bisa diminimalisir.

" Jadi nanti pasti ada kebijakannya pemerintah yang sudah dipikir secara matang agar diminimalisir dampaknya, nanti kita diskusi dan koordinasikan," jelasnya.

Baca Juga: Isu Irfan Bachdim ke PSS Sleman Akan Dipastikan dalam Hitungan Hari

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya