Pandemik, Mahasiswa UNY Bisa Lakukan PK-KKN di Domisili Masing-masing

Dapat membantu mengembangkan potensi wilayah setempat

Sleman, IDN Times - Agar kegiatan Praktik Kependidikan (PK) maupun Kuliah Kerja Nyata (KKN) bisa tetap berlangsung di tengah pandemik COVID-19, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) memberikan kesempatan kepada mahasiswanya untuk melakukan kegiatan PK-KKN secara daring.

Sutrisna Wibawa, Rektor UNY menjelaskan nantinya mahasiswa bisa melaksanakan program PK-KKN di sekolah dan masyarakat yang ada di domisili mahasiswa masing-masing, baik secara individu maupun kelompok kecil berdasarkan jarak lokasi tempat tinggal.

"Program PK-KKN diharapkan memberikan dampak positif dalam mengembangkan kreativitas, inovasi pembelajaran dan pengabdian kepada masyarakat yang diimplementasikan dalam aktivitas kegiatan dalam rangka turut serta mengembangkan potensi wilayah setempat menjadi lebih baik," ungkapnya dalam keterangan tertulis yang diterima pada Rabu (24/6).

Baca Juga: Mahasiswa UNY Teliti Salep Berbahan Daun Waru untuk Infeksi Kulit

1. Mahasiswa harus patuhi protokol COVID-19

Pandemik, Mahasiswa UNY Bisa Lakukan PK-KKN di Domisili Masing-masingRektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Sutrisna Wibawa. IDN Times/Daruwaskita

Menurut Sutrisna, mahasiswa bisa melaksanakan kegiatan PK di sekolah/lembaga/klub/kelompok belajar masyarakat di dekat tempat tinggal mahasiswa (rumah/kos) secara daring. Kegiatan PK nantinya dapat dilakukan secara individu atau kelompok dengan jumlah anggota paling banyak 5 mahasiswa yang berdomisili berdekatan.

Sedangkan untuk kegiatan KKN, bisa dilakukan di domisili mahasiswa saat ini, di mana kegiatannya meliputi tingkatan wilayah desa, dan jika tidak memungkinkan maka dapat kecamatan.

"Diperlukan penyesuaian pola pelaksanaan KKN dengan dasar mengikuti protokol kesehatan COVID-19 yang meliputi menjaga kebersihan, menjaga kesehatan, dan menjaga jarak (physical distancing) atau menghindari kerumunan massa dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus corona," paparnya.

2. Program yang bisa dilaksanakan

Pandemik, Mahasiswa UNY Bisa Lakukan PK-KKN di Domisili Masing-masingMedia Andalan besutan mahasiswa UNY. Dok: Humas UNY

Sutrisna memaparkan, untuk program kegiatan PK yang bisa dilaksanakan oleh mahasiswa dapat berupa kegiatan-kegiatan yang dikembangkan dalam pembelajaran maupun non pembelajaran. Seperti menyusun bahan ajar, menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), membuat media pembelajaran, membuat Lembar Kerja dan Penilaian Diri (LKPD), membuat instrumen penilaian dan sebagainya.

Sedangkan untuk program KKN yang bisa dilaksanakan di masa pandemik di antaranya memberikan pelatihan secara virtual kepada perangkat desa, memberikan bantuan layanan langsung maupun tidak langsung kepada masyarakat, maupun memberikan layanan/meningkatkan ketrampilan masyarakat di masa pandemik COVID-19.

"Program PK-KKN pada masa pandemik COVID-19 diberlakukan dalam rangka menyikapi situasi dan kondisi pada masa pandemik COVID-19 untuk tetap mencapai tujuan capaian pembelajaran mata kuliah terkait," katanya.

3. Dimulai pada 27 Juni 2020

Pandemik, Mahasiswa UNY Bisa Lakukan PK-KKN di Domisili Masing-masingHumas UNY

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik UNY, Margana menjelaskan untuk kegiatan pelepasan mahasiswa PK-KKN akan dilaksanakan pada hari Sabtu 27 Juni 2020 mendatang melalui live streaming YouTube. Sedangkan untuk orientasi dilaksanakan pada tanggal 30 Juni 2020.

"Orientasi PK-KKN dilaksanakan pada tanggal 30 Juni 2020, pukul 12.30-15.30 WIB melalui Zoom Webinar," terangnya.

Baca Juga: Mahasiswa UPN Ajukan 6 Tuntutan, Rektor: Kebijakan UKT Sesuai Aturan

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya