Masjid Agung Sleman Tetap Adakan Salat Id untuk Warga Sekitar

Waktu salat dibatasi 5 menit

Sleman, IDN Times - Masjid Agung Wahidin Soedirohuisodo, Kabupaten Sleman akan tetap menyelenggarakan salat Id pada tahun ini.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Sleman, Shavitri Nurmaladewi menjelaskan, meski tetap melaksanakan salat Id, namun jumlah peserta akan dibatasi dan hanya diperuntukkan bagi masyarakat sekitar

Baca Juga: MUI Keluarkan Fatwa Salat Idulfitri Bisa di Rumah saat Pandemik

1. Yang rumahnya jauh, diimbau tidak ikut salat Id

Masjid Agung Sleman Tetap Adakan Salat Id untuk Warga SekitarSuasana Salat Tarawih malam pertama di Masjid Raya Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh (IDN Times/Saifullah)

Menurut Shavitri, pelaksanaan salat Idulfitri di Masjid Agung Sleman hanya diperuntukkan bagi warga sekitar yang tidak mampu melaksanakan Id secara mandiri. Untuk itu pihaknya juga mengimbau agar jemaah yang rumahnya jauh, agar tahun ini tidak ikut dalam salat Id di Masjid Agung Sleman.

"Kesimpulan Masjid Agung menyelenggarakan salat Id, tapi hanya untuk masyarakat sekitar. Harapannya masyarakat yang jauh-jauh tidak perlu hadir," ungkapnya pada Selasa (19/5).

2. Tetap lakukan protokol pencegahan COVID-19

Masjid Agung Sleman Tetap Adakan Salat Id untuk Warga Sekitarpexels.com/vjapratama

Shavitri menjelaskan, di dalam pelaksanaan salat Id di Masjid Agung Sleman, akan menerapkan protokol pencegahan COVID-19. Seperti pengecekan suhu, pemberian jarak antar jemaah pada saat pelaksanaan salat, serta tidak menganjurkan berjabat tangan saat selesai salat. Selain itu, jemaah juga diimbau untuk membawa alat salat secara mandiri.

"Jemaah masuk dari pintu tengah, langsung diperiksa suhu badannya dan diwajibkan memakai masker serta dianjurkan mencuci tangan/berwudu di tempat yang telah disediakan. Jemaah menempati saf yang telah ditentukan (di dalam Masjid dan serambi diberi lakban warna hitam dan di tempat parkir akan diberi cat warna putih)," terangnya.

3. Salat hanya dilakukan selama 5 menit

Masjid Agung Sleman Tetap Adakan Salat Id untuk Warga SekitarIlustrasi salat di rumah di masa pandemik COVID-19 (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Untuk pelaksanaan salat Id di Masjid Agung, akan dijadwalkan mulai pada pukul 07.00 WIB. Sedangkan untuk waktu pelaksanaannya, hanya selama 15 menit, dengan ringan khutbah selama 10 menit dan salat selama 5 menit. Untuk keamanan sendiri, saat ini Masjid Agung telah berkoordinasi dengan Satpol PP, Dinas Perhubungan, Polsek serta Koramil.

"Setelah selesai salat akan diumumkan oleh Takmir agar segera meninggalkan masjid, tetap menggunakan masker, menjaga jarak dan tidak berkerumun," paparnya.

Baca Juga: Rapid Test Putaran Kedua Pengunjung Indogrosir, 18 Dinyatakan Reaktif

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya