Korban yang Meninggal Saat Susur Sungai Sempor Semua Perempuan

Rok panjang membuat korban mudah terseret arus

Sleman, IDN Times - Satu per satu korban susur Sungai Sempor mulai ditemukan. Dari semua korban yang meninggal dunia, semua teridentifikasi berjenis kelamin perempuan.

Kepala Kantor Basarnas DI Yogyakarta, Lalu Wahyu Effendy menjelaskan, secara keseluruhan, korban meninggal dunia mengenakan rok panjang saat melakukan susur sungai.

Baca Juga: Jadi Korban Susur Sungai, Jenazah Faneza Sempat Tertukar

1. Rok menghalangi jalannya air

Korban yang Meninggal Saat Susur Sungai Sempor Semua PerempuanIDN Times/Siti Umaiyah

Wahyu menjelaskan, rok yang dipakai oleh pada korban menyebabkan air tidak langsung melewati tubuh korban. Hal tersebut bisa membuat korban bisa ikut terseret. Berbeda ketika memakai celana, dimana air langsung bisa melewati tubuh.

"Kebanyakan perempuan. Dari segi pakaian menggunakan rok. Saat main di air rok menghalangi air. Kalau celana air langsung keluar. Dari 8 jenazah rok semua, rok panjang," katanya pada Sabtu (22/2) malam.

2. Rata-rata jarak penemuan korban 1 km

Korban yang Meninggal Saat Susur Sungai Sempor Semua PerempuanPencarian siswa yang terbawa arus saat susur sungai Sempor masih dilanjutkan di Sleman Yogyakarta - IDN Times/Siti Umaiyah

Menurut Wahyu, dari hasil penemuan jenazah dari mulai awal pencarian, rata-rata jarak penemuan jenazah antara korban yang satu dengan korban lainnya berjarak 1 km. Namun, untuk penemuan jenazah korban terakhir, berjarak 3 km.

"Karakter sungai itu tidak terlalu dalam, dangkal rata-rata kedalaman 1 meter, dengan lebar bervariasi," jelasnya.

3. Pencarian dihentikan pukul 21.00 WIB

Korban yang Meninggal Saat Susur Sungai Sempor Semua PerempuanIDN Times/Siti Umaiyah

Menurut Wahyu, untuk pencarian sendiri akan dilakukan sampai pukul 21.00 WIB, hal tersebut mengingat jarak pandang yang terbatas dan adanya palung di beberapa aliran sungai. Nantinya, pencarian akan dilanjutkan pada Minggu (23/2) pagi pukul 06.00 WIB.

"Tim penyelam masih diterjunkan lagi. Total akan 8 tim. Besok akan kita lihat. Yang kita curigai itu tempat palung, di mana yang akan kita selami. Titik palung ada 5. Di
section 1 dan 2," terangnya.

Baca Juga: Kepsek SMP N 1 Turi Mengaku Tak Tahu Ada Kegiatan Susur Sungai

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya