Kepala Pustral UGM Bantah Ada Warga Pustral yang Suspect COVID-19

Gara-gara sempat jabat tangan dengan Menhub

Sleman, IDN Times - Beredar kabar bahwa ada beberapa warga Pusat Studi Transportasi dan Logistik (Pustral) Universitas Gadjah Mada (UGM) yang diisukan suspect COVID-19. Berkenaan dengan hal tersebut, Kepala Pustral UGM, Prof Agus Taufik Mulyono memastikan bahwa semua warga Pustral dalam keadaan sehat dan baik.

Baca Juga: Kabar Dosen Suspect Covid-19, Humas UGM: Kami Belum Tahu 

1. Tidak ada yang dirawat di RS

Kepala Pustral UGM Bantah Ada Warga Pustral yang Suspect COVID-19RSUP dr. Sardjito. IDN Times/Siti Umaiyah

Agus memastikan saat ini tidak ada satu pun warga Pustral yang sedang menjalani perawatan di rumah sakit terkait corona. Menurutnya, memang benar saat ini semua kegiatan Pustral diliburkan. Hal tersebut didasarkan atas imbauan dari Presiden.

"Di Pustral tidak ada yang sakit. Pustral memang saya liburkan sebagai upaya menyadarkan dan ikut imbauan Presiden, karena kami semua sering bepergian menggunakan pesawat, maka kita harus introspeksi diri, yuk kita bekerja di rumah masing-masing," katanya.

2. Bantah suspect COVID-19 lantaran bersalaman dengan Menhub

Kepala Pustral UGM Bantah Ada Warga Pustral yang Suspect COVID-19Menhub Budi Karya Sumadi Sidak Bandara Soetta, Kamis (27/2) (IDN Times/Candra Irawan)

Agus menerangkan, beberapa saat terakhir muncul isu bahwasanya dirinya suspect COVID-19 lantaran sebelumnya sempat bersalaman dengan Menhub. Namun, salaman tersebut sudah dilakukan jauh hari sebelum Menhub diumumkan positif COVID-19. Tepatnya pada tanggal 21 Februari di acara Bincang Mobil Listrik Pribadi di Kantor Kemenhub serta di tanggal 26 Februari dalam kegiatan Dialog Nasional Konektifitas Ibukota Negara.

"Orang mengisukan saya sebagai Kepala Pustral bahwa ada suspect. Tapi suspect apa, saya sehat. Memang saya katakan, saya pernah bersalaman dengan Menhub. Lho dilihat dulu tanggalnya, 21 Februari (dan) 26 Februari. Terus pak menteri dinyatakan (positif) tanggal 14 Maret, di dalam perjalanan waktu itu saya sehat, tidak sakit. Saya segar bugar," paparnya.

3. Minta masyarakat jeli dalam mebarkan informasi

Kepala Pustral UGM Bantah Ada Warga Pustral yang Suspect COVID-19Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM). IDN Times/Siti Umaiyah

Berkenaan dengan kabar yang berseliweran mengenai COVID-19, dirinya meminta masyarakat untuk jeli dan tidak menyebarkan berita-berita yang belum tentu kebenarannya. Berkenaan dengan adanya salah satu dosen yang saat ini sedang dirawat, Agus menjelaskan jika dirinya kurang begitu tahu.

"Berita viralnya ada suspect di Pustral, jadi aneh saya. (Salah satu dosen dirawat) saya tidak begitu mengikuti beritanya, saya tidak tahu malahan. Saya cukup sangat kecewa dengan teman-teman, tidak mengklarifikasi berita itu ke yang bersangkutan terus disebar. Bahkan saya mulai dari tadi malam menjawab semua pertanyaan," jelasnya.

Baca Juga: Antisipasi Penyebaran COVID-19, Bupati Bantul Keluarkan Instruksi

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya