KAI Daop 6 Kurangi Jadwal Perjalanan KA Lokal dan Jarak Jauh

Minimalkan penularan COVID-19, apa saja KA yang dibatalkan?

Yogyakarta, IDN Times - Untuk meminimalisir penyebaran COVID-19, PT KAI Daop 6 melakukan pengurangan atau pemberhentian sementara beberapa perjalanan kereta api jarak jauh maupun KA Lokal. Pengurangan jadwal ini terhitung mulai Senin tanggal 20 April dan Selasa 21 April 2020 hingga Kamis 30 April 2020.

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto mengungkapkan, pengurangan jadwal tersebut dilatarbelakangi adanya anjuran physical distancing, pembatasan perjalanan, dan imbauan untuk #dirumahsaja dari pemerintah. Selain itu juga minimnya jumlah penumpang atau okupansi penumpang yang sangat rendah pada beberapa KA.

"PT KAI Daop 6 Yogyakarta mengambil langkah untuk penyesuaian perjalanan KA dengan pengurangan maupun pembatalan beberapa perjalanan KA yang terdapat di Wilayah Daop 6 Yogyakarta. Di samping itu, kami juga mendukung penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang mulai diterapkan di berbagai daerah untuk mencegah penyebaran virus corona," paparnya pada Sabtu (18/4).

Baca Juga: Mulai 12 April, Penumpang Kereta Api Wajib Pakai Masker

1. 13 KA Prameks dan beberapa KA jarak jauh dibatalkan

KAI Daop 6 Kurangi Jadwal Perjalanan KA Lokal dan Jarak JauhAngkutan kereta api di Stasiun Tugu Yogyakarta, Kamis (28/11/2019). IDN Times/Holy Kartika

Eko menjelaskan, mulai tanggal 20 April 2020 terdapat 13 perjalanan KA Prambanan Ekspres (Prameks) yang dibatalkan yaitu 3 KA relasi Solo Balapan-Yogyakarta, 3 KA relasi Solo Balapan-Kutoarjo, 2 KA relasi Yogyakarta-Solo Balapan, 4 KA relasi Kutoarjo-Solo Balapan, dan 1 KA relasi Yogyakarta-Kutoarjo.

Untuk KA Antarkota di wilayah Daop 6 yang dibatalkan pada tanggal 20 April yakni 4 perjalan KA Joglosemarkerto juga dibatalkan yaitu 1 KA relasi Purwokerto - Solo Balapan, 1 KA relasi Solo Balapan - Semarang Tawang, 1 KA relasi Solo Balapan-Yogyakarta, dan 1 KA relasi Yogyakarta-Solo Balapan.

Selain itu mulai tanggal 21 April 2020 Untuk KA Sancaka terdapat 2 perjalanan KA yang dibatalkan yaitu 1 KA relasi Yogyakarta-Surabaya Gubeng dan 1 KA relasi Surabaya Gubeng-Yogyakarta.

"Pembatalan perjalanan ini diberlakukan sementara hingga tanggal 30 April 2020, atau dapat menyesuaikan kembali sesuai situasi maupun kondisi di lapangan," terangnya.

2. Ada beberapa KA yang masih beroperasi

KAI Daop 6 Kurangi Jadwal Perjalanan KA Lokal dan Jarak JauhLoket pemeriksaan tiket Stasiun Tugu Yogyakarta. IDN Times/Tunggul Damarjati

Meski demikian, masih ada beberapa KA Prameks yang beroperasi. Adapun KA Prameks yang masih beroperasi antara lain, 4 perjalanan relasi Yogyakarta-Solo Balapan dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Yogyakarta Pukul 05.15 WIB, 08.20 WIB, 12.05 WIB, 15.55 WIB, serta 4 perjalanan relasi Solo Balapan-Yogyakarta dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Solo Balapan Pukul 06.35 WIB, 09.50 WIB, 14.20 WIB, 18.12 WIB.

Sedangkan untuk KA jarak jauh yang masih operasional melintasi di wilayah Daop 6 Yogyakarta adalah KA Wijayakusuma relasi Cilacap-Yogyakarta-Solo Balapan-Surabaya Gubeng-Ketapang (PP), KA Bima relasi Surabaya Gubeng-Yogyakarta-Solo Balapan-Gambir (PP), KA Ranggajati relasi Cirebon-Yogyakarta-Solo Balapan-Surabaya Gubeng-Jember (PP), KA Kahuripan relasi Blitar-Purwosari-Lempuyangan-Kiaracondong (PP).

Eko berharap, dengan 8 perjalanan KA Lokal Prameks yang masih tetap beroperasi seperti biasanya ini dapat mengakomodasi perjalanan penumpang yang memang terdapat kepentingan mendesak atau memiliki pekerjaan yang tidak dapat ditinggalkan.

"Mohon maaf atas adanya penyesuaian berupa pengurangan operasional KA tersebut. Semoga wabah COVID-19 dapat segera berlalu, dan perjalanan KA dapat kembali normal. Kami mohon maaf juga bagi para penumpang yang KA yang dibatalkan tersebut akan dikembalikan bea tiketnya sebesar 100 persen," ungkapnya.

3. Hanya 50 persen tempat duduk yang dijual per gerbong

KAI Daop 6 Kurangi Jadwal Perjalanan KA Lokal dan Jarak JauhKereta Bandara YIA yang melayani rute Maguwo, Tugu Yogyakarta, Wates, Wojo. Penumpang kereta bandara mesti turun Wojo lalu naik Damri menuju Bandara YIA. (IDN Times/Holy Kartika)

Eko menegaskan, untuk tiket KA yang tetap beroperasi, tetap dijual hanya 50 persen dari kapasitas tempat duduk yang tersedia. Selain itu, para penumpang wajib menggunakan masker saat di stasiun maupun saat perjalanan menggunakan Kereta.

"Penumpang juga akan dilakukan pengecekan suhu tubuh saat proses boarding dan kami harap para penumpang selalu menjaga kebersihan dengan cuci tangan dengan sabun maupun menggunakan hand sanitizer sebelum bepergian, serta menjaga jarak saat di stasiun maupun saat perjalanan menggunakan kereta," paparnya.

Baca Juga: Antisipasi Covid-19, PT KAI Daop 6 Periksa Suhu Tubuh Penumpang 

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya