Disdik Sleman Akan Petakan Vaksinasi bagi Siswa SD Usia 6-11

Strategi dibuat seperti vaksinasi anak usia 12-18 tahun

Sleman, IDN Times - Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman akan segera melakukan pemetaan vaksinasi bagi siswa SD usia 6-11 tahun. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Ery Widaryana mengatakan, jika nantinya regulasi dari Pemerintah Daerah sudah turun mengenai vaksinasi usia 6-11 tahun, maka vaksinasi akan segera dilakukan.

"Kita siap dan ketika aturan sudah boleh, langsung kita lakukan," ungkapnya pada Rabu (3/11/2021).

Baca Juga: Dinkes Sleman Akan Sweeping Warga yang Belum Vaksinasi

1. Strategi tidak jauh beda dengan vaksinasi siswa SMP

Disdik Sleman Akan Petakan Vaksinasi bagi Siswa SD Usia 6-11Ilustrasi pelajar mengikuti vaksinasi. (Istimewa)

Ery mengatakan, untuk mekanisme maupun strategi yang akan dilakukan dalam vaksinasi siswa SD, nantinya tidak akan jauh berbeda dengan vaksinasi siswa SMP. Di mana siswa akan dihadirkan di sekolah dan dibuat radius-radius.

"Nanti tidak jauh beda dengan SMP, kita akan keliling. Saya kira nanti akan lebih mudah dan cepat, karena fokus hanya siswa SD. Kalau SMP kan dulu juga berbarengan dengan program vaksinasi masyarakat umum," katanya.

2. Ada 70-80 ribu siswa

Disdik Sleman Akan Petakan Vaksinasi bagi Siswa SD Usia 6-11Ilustrasi sekolah (IDNTimes/Wira Sanjiwani)

Menurut Ery, di Sleman sendiri kurang lebih ada 70-80 ribu siswa SD. Baik yang berada di SD swasta maupun di SD negeri. Untuk pemetaan dan pendataan sendiri, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak sekolah maupun Dinas Kesehatan.

Berkaca dari vaksinasi yang dilakukan untuk siswa usia 12-18 tahun, menurut Ery sejauh ini tidak ada kendala yang berarti.

"Pemetaan dan pendataan kita tinggal meminta sekolah untuk melaporkan jumlah berapa. Nanti akan koordinasi dengan Dinkes," terangnya.

3. Masih selesaikan 5 persen siswa usia 12-18 tahun yang belum tervaksinasi

Disdik Sleman Akan Petakan Vaksinasi bagi Siswa SD Usia 6-11Vaksinasi bagi pelajar. (ANTARA FOTO/Gusti Tanati)

Ery menjelaskan, untuk saat ini sendiri pihaknya masih menyelesaikan vaksinasi bagi siswa usia 12-18 tahun yang sebelumnya belum tervaksinasi. Masih ada sekitar 5 persen siswa yang belum tervaksinasi karena pada saat penjadwalan vaksinasi yang bersangkutan sedang sakit maupun terpapar COVID-19 dalam 3 bulan terakhir.

"Yang belum tervaksinasi karena anak memang baru sakit, atau baru COVID-19. Saat ini sudah didata, nanti kita akan menyisir kembali yang belum," paparnya.

Baca Juga: Disdik Sleman Swab Sampling 12 Sekolah, Ini Hasilnya

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya