Cegah Penularan, Mulai Besok Dinkes Sleman Lakukan Tes Swab di Ponpes

Tes swab di Pandanaran akan sasar 100 orang 

Sleman, IDN Times - Pondok Pesantren Sunan Pandanaran menjadi ponpes pertama tes swab sampling yang diadakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman. Rencananya, tes swab akan diselenggarakan besok Rabu (29/7/2020) dengan menyasar 100 spesimen. 

Ketua Gugus Tugas Percepatan COVID-19 Ponpes Sunan Pandanaran, Gus Azka Sya'bana mengatakan saat ini pihaknya sudah menyusun teknis dan lokasi penyelenggaraan tes swab.

Baca Juga: Spesimen Hasil Tes Swab Terlalu Banyak, Lab di DIY Angkat Tangan  

1. Lokasi di luar asrama dan terbuka

Cegah Penularan, Mulai Besok Dinkes Sleman Lakukan Tes Swab di Ponpes[Ilustrasi] Kegiatan para santri Pesantren Ar Raudhatul Hasanah saat Ramadan 2019 lalu (IDN Times/Prayugo Utomo)

Lokasi swab sampling akan dilakukan di hall dengan sirkulasi terbuka.

Tes wab akan diadakan secara samping dan menyasar tidak hanya pengurus namun juga  guru dari luar Sleman serta badan usaha pesantren.

"Yang jelas peserta diambil dari pengurus, guru luar dan dari badan usaha pesantren. Pelaksanaan swab di area pesantren tetapi bukan di asrama santri di area indoor tapi terbuka," ungkapnya pada Selasa (28/7/2020).

Ponpes Sunan Pandanaran sendiri memiliki 400 ustadz dan ustadzah dari dalam pesantren dan 475 pengajar dari luar pesantren.

2. Koordinasi dengan puskesmas

Cegah Penularan, Mulai Besok Dinkes Sleman Lakukan Tes Swab di PonpesIlustrasi Swab Test (ANTARAFOTO/Basri Marzuki)

Menurut Gus Azka, saat ini pihaknya telah menyiapkan alur dan teknis apabila ditemukan peserta positif ketika dilakukan swab. Selain itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan puskesmas setempat sebagai antisipasi.

"Harapannya proses swabnya lancar semua, sehat dan tidak ada yang positif. Kami juga terima kasih kepada dinas kesehatan yang telah memberikan swab gratis kepada PP Sunan Pandanaran," paparnya.

3. Tes swab juga menyasar ponpes lainnya

Cegah Penularan, Mulai Besok Dinkes Sleman Lakukan Tes Swab di PonpesKepala Dinas Kesehatan Sleman, Joko Hastaryo. IDN Times/Siti Umaiyah

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman Joko Hastaryo menyatakan selain tes swab di Ponpes Sunan Pandanaran, pihaknya berencana melakukannya ke ponpes lain yang berada di Kecamatan Moyudan dan Berbah. Pelaksanaan tes swab sampling diutamakan bagi ustad yang datang dari luar Kabupaten Sleman.

"Dimulai pada Rabu besok di wilayah pesantren di kecamatan Ngaglik, yakni Pandanaran. Kemudian Moyudan dan selanjutnya Berbah," terangnya. 

Baca Juga: Dinkes Sleman Bakal Gelar Tes Swab di Pondok Pesantren

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya