APD Sulit Didapat, Tenaga Medis Sardjito Bikin Face Shield Sendiri

Menghasilkan 300 APD pada tahap awal

Sleman, IDN Times - Sulitnya mendapatkan Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga kesehatan, RSUP Dr Sardjito berinisiatif untuk membuat APD face shield secara mandiri.

Menariknya, APD tersebut dibuat sendiri oleh tenaga medis dari Instalasi Rehabilitasi Medik di tengah kesibukannya melayani pasien yang berkunjung ke instalasi.

Baca Juga: DIY Menerima 1.500 APD untuk Tenaga Medis di Puskesmas dan RS 

1. Tahap awal hasilkan 300 APD

APD Sulit Didapat, Tenaga Medis Sardjito Bikin Face Shield SendiriRSUP Dr. Sardjito buat APD mandiri. Dok: istimewa

Dr. Pujiatun, Sp.KFR, Kepala Instalasi Rehabilitasi Medik RSUP Dr Sardjito menyebutkan, saat ini pihaknya telah menyelesaikan pembuatan tahap awal APD face shield. Setidaknya terdapat 300 buah APD yang dibuat di tahap awal.

"Pada tahap awal bikin 300 APD face shield ini dan alhamdulillah sudah menyelesaikan pembuatan tahap awal," paparnya pada Jumat (3/4).

2. Dibuat di tengah kesibukan layani pasien

APD Sulit Didapat, Tenaga Medis Sardjito Bikin Face Shield SendiriRSUP Dr. Sardjito buat APD mandiri. Dok: istimewa

Pujiatun menyebutkan, pembuatan APD tersebut dilakukan sebagai bentuk perhatian Instalasi Rehabilitasi Medik terhadap tenaga kesehatan yang menangani pasien COVID-19. Menariknya, APD tersebut dibuat di sela kesibukannya bersama tim saat melayani pasien.

"Kami Instalasi Rehabilitasi Medik RSUP Dr Sardjito tetap membuka pelayanan bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan rehabilitasi medik. Di sela kesibukan kami melakukan pelayanan kepada pasien, kami memikirkan teman teman yang menjalani pelayanan di RSUP Dr Sardjito yang membutuhkan APD," katanya.

3. APD sulit didapat

APD Sulit Didapat, Tenaga Medis Sardjito Bikin Face Shield SendiriRSUP Dr. Sardjito buat APD mandiri. Dok: istimewa

Sementara itu, Kepala Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito, Banu Hermawan menyebutkan, saat ini keberadaan APD sangat sulit didapatkan di pasaran. Sedangkan tenaga kesehatan tetap harus bertahan dalam melayani pasien.

"Kami berupaya menyediakan APD mandiri. Ini kegiatan kami membikin penutup wajah face shield," terangnya.

Banu menyebutkan, dalam satu hari kebutuhan APD di RSUP Dr Sardjito sendiri sangatlah banyak. Seperti halnya cover all rata-rata yang dibutuhkan sebanyak 134 buah, masker 3 ply sebanyak 6340 buah. Masker N95 sebanyak 395. Medical Cap sebanyak 134 buah. Sarung tangan non steril 7842 buah. Sarung tangan steril panjang sebanyak 1234 buah dan yang lainnya.

"(Pembuat APD mandiri) yang membuat teman-teman rehabilitasi medis. 3 hari kami mampu 100 buah," paparnya

Baca Juga: Penjahit Rumahan di DIY Turun Tangan Membuat APD bagi Petugas Medis

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya